Rabu 13 Apr 2022 14:33 WIB

Kunjungan ke Pasar Harjamukti, Jokowi Dicurhati Siti Soal Beratnya Beban Ekonomi

Presiden Jokowi berharap bantuan sosial dari pemerintah meningkatkan daya beli.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus raharjo
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Seskab Pramono Anung (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri) berbincang dengan seorang warga saat kunjungan kerja ke Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). Dalam kunjungannya ke pasar tersebut, Presiden Joko Widodo juga menyerahkan bantuan modal kerja dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada sejumlah pedagang dan keluarga penerima manfaat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.
Foto:

"Ini menunjukkan mobilitas yang semakin tinggi. Juga menunjukkan adanya pergerakan ekonomi, perputaran ekonomi yang lebih baik, utamanya pariwisata," kata Jokowi.

Salah seorang pedagang, Elis Supiyani, mengaku menerima bantuan sejumlah Rp 1,8 juta dari Presiden Jokowi dan Kodim 0614 Kota Cirebon. "Bantuan buat modal," tutur Elis, saat ditemui di Pasar Harjamukti.

Adapun bantuan dari Kodim 0614 yang dimaksudkan oleh Elis merupakan Bantuan Langsung Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BTPKLWN). Bantuan itu disalurkan melalui TNI-Polri di setiap daerah.

Elis mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Apalagi saat ini berbagai barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Sementara itu, dalam kunjungannya ke Pasar Harjamukti, Jokowi juga menyempatkan diri berdialog langsung dengan Siti Rohini. Ibu rumah tangga itu dipilih Jokowi diantara ratusan warga yang berdesakkan di pasar tersebut.

Sambil menangis, Siti mengadukan kepada Jokowi mengenai beratnya beban ekonomi yang dihadapinya. Selama ini, dia mengaku hanya sesekali berjualan minuman ringan. Selain itu, dia juga terkadang menjadi buruh cuci jika ada orang yang membutuhkan tenaganya.

"Kadang-kadang dagang. Kalau ada yang nyuruh nyuci, ya nyuci. (Pendapatan) nggak tentu," tutur Siti sambil terisak.

Selain sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Siti juga mengaku kesulitan memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak-anaknya. Dia pun bersyukur bisa menerima bantuan dari Presiden. "Alhamdulillah, buat biaya sekolah anak-anak,’’ tutur Siti warga Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement