Rabu 13 Apr 2022 12:46 WIB

Masjid Masa Kini di Dunia: Dari Masjid Isa, Perawan Maria, Hingga Temu Jodoh

Masjid Masa Kini di Berbagai Penjuru Dunia: Dari Masjid Isa, Perawan Maria, Hingga Te

Masjid Virgin Mary (Perawan Maria) di Abu Dhabi.
Foto: Elitia.com
Masjid Virgin Mary (Perawan Maria) di Abu Dhabi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Akmal Nasery Basral, Sosiolog dan Penulis

KISAH tentang aktivitas Masjid Holland Park, Brisbane, Australia, dari film dokumenter The Mosque Next Door yang saya posting tiga hari lalu (Minggu, 10 April), mengundang sejumlah respons positif. Salah satunya dari Ardy Muawin, Master Administrasi Bisnis dari Universitas Michigan, yang sempat menjadi jamaah Masjid Holland Park ketika tinggal di Australia.

“Saya pernah ngobrol dengan Imam Uzair Johnson. Imam yang luar biasa. Brisbane penuh kenangan meski saya hanya dua tahun di sana. Anak bontot lahir di sana,” tulisnya dalam pesan japri kepada saya.

Beberapa komentar pembaca lain meminta saya menulis lagi kisah masjid dengan angle khas. Untuk mengapreasi permintaan itu, topik SKEMA (Sketsa Ramadhan) hari ini saya ulas lima masjid dengan nama istimewa yang—sependek pengetahuan saya—belum pernah digunakan oleh masjid-masjid yang ada di tanah air.   

Nama masjid biasanya mengambil salah satu cara ini, entah dari khazanah  Asmaul Husna (99 nama Allah), nama para nabi, nama salah seorang sahabat Nabi Muhammad s.a.w., nama lokasi tempat masjid berdiri, nama pembangun masjid (atau nama orang tua sang pendiri jika dia sungkan namanya dipakai), atau nama-nama bagus dan bermakna lainnya dalam bahasa Arab.

Sehingga, jika sampai ada nama masjid yang nyeleneh seperti Masjid Desa Temu Jodoh, di daerah Chaah Segamat, Johor Darul Takzim, Malaysia, itu benar-benar salah satu ‘keajaiban dunia’ meski bukan hil yang mustahal. Sebab kalau memang ada kesepakatan antara pengelola dan jamaah soal nama, mau diberi nama apapun oke saja sepanjang tidak bermakna negatif.  Soal apakah jamaah Masjid Temu Jodoh benar-benar menemukan soulmate mereka di sana atau tidak, itu adalah soal lain.

Fokus tulisan ini tentang nama istimewa dari dua sosok teladan dan disucikan dalam Islam yakni Isa Putra Maryam dan sang ibunda mulia Maryam Putri Imran. Kelima masjid itu adalah Virgin Mary Masjid (Melbourne, Australia), The Mosque of Jesus Christ (Madaba, Jordan), The Isa ibn Maryam Mosque (Syracuse, New York City), The Mosque of Jesus Christ Son Mary (Kisumu, Kenya) dan Mary The Mother of Jesus Mosque (Abu Dhabi, UAE).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement