Sabtu 09 Apr 2022 15:13 WIB

KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Besok, Catat Jadwalnya!

KA Pangrango akan melayani tiga kali perjalanan pergi-pulang Bogor-Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agus raharjo
Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi dipastikan akan kembali beroperasi melayani warga mulai Ahad (10/4/2022). Rencananya ada tiga perjalanan dari Bogor dan sebaliknya tiga perjalanan dari Sukabumi.

Baca Juga

Data dari PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta menyebutkan, dioperasikannya KA Pangrango setelah pengembangan prasarana KA berupa pembangunan jalur ganda, revitalisasi stasiun, dan persinyalan selesai. "Sehingga mulai Ahad, 10 April 2022 PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan KA Pangrango untuk melayani masyarakat yang akan berpergian," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dalam keterangan persnya, Sabtu (9/4/2022).

KA Pangrango akan dioperasikan tiga kali perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya dengan relasi Stasiun Bogor Paledang sampai Stasiun Sukabumi. Kereta ini akan melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lain. Seperti, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat, dan Sukabumi.

Eva menerangkan, rangkaian KA Pangrango terdiri dari dua kereta eksekutif dan empat kereta ekonomi. Penumpang mulai dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access atau pembelian go show tiga jam sebelum jadwal keberangkatan di loket stasiun.

Pengoperasian kembali KA Pangrango tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah melalui SE Kemenhub Nomor 39 tahun 2022. Selain itu ada persyaratan naik KA Lokal. Di antaranya wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama dan tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Selanjutnya pelanggan dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan antigen namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. Eva mengatakan, pelanggan juga harus memakai masker tiga lapis sesuai standart, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Berikutnya memastikan kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. PT KAI Daop 1 Jakarta kata Eva, senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA.

Saat ini tarif promo yang berlaku Rp 45 ribu untuk kereta ekonomi dan Rp 80 ribu untuk kereta eksekutif. Jadwal perjalanan KA Pangrango dari Stasiun Bogor Paledang dan Stasiun Sukabumi yakni:

*Stasiun Bogor Paledang*

- Berangkat 08.30 tiba di Sukabumi 10.34 WIB

- Berangkat 14.30 tiba di Sukabumi 16.34 WIB

- Berangkat 20.00 tiba di Sukabumi 22.04 WIB

*Stasiun Sukabumi*

- Berangkat 05.30 tiba di Bogor Paledang 07.34 WIB

- Berangkat 11.30 tiba di Bogor Paledang 13.34 WIB

- Berangkat 17.00 tiba di Bogor Paledang 19.04 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement