Selasa 05 Apr 2022 15:22 WIB

Interaksi Tinggi, BIN Kejar Capaian Vaksinasi Covid-19 di Babel

Akselerasi vaksinasi Covid-19 ini sebagai upaya mitigasi penyebaran Covid-19

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Gita Amanda
Badan Intelejen Nasional (BIN) daerah Bangka Belitung (Babel) sedang menggencarkan vaksinasi dosis kedua dan booster di Babel. (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Badan Intelejen Nasional (BIN) daerah Bangka Belitung (Babel) sedang menggencarkan vaksinasi dosis kedua dan booster di Babel. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Intelejen Nasional (BIN) daerah Bangka Belitung (Babel) sedang menggencarkan vaksinasi dosis kedua dan booster di daerah tersebut. Kabinda Babel, Imam Santoso menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan mengingat tingginya interaksi antarmasyarakat di bulan Ramadhan saat ini.

"Akselerasi vaksinasi Covid-19 ini sebagai upaya mitigasi penyebaran Covid-19 di tengah peningkatan mobilitas dan interaksi sosial masyarakat selama bulan puasa," kata Kabinda Imam Santoso dalam keterangan, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Dia mengungkapkan, peningkatan mobilitas dan interaksi sosial masyarakat saat bulan puasa menjadi perhatian serius pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Terlebih, sambung dia, subvarian Omicron BA.2 sudah masuk ke Indonesia. "Sehingga dikhawatirkan akan menjadi faktor terjadinya lonjakan kasus positif," katanya.

Dia mengatakan, dikejarnya capaian vaksinasi di daerah tersebut dilakukan untuk membentuk kekebalan komunal masyarakat. Dia melanjutkan, hal itu juga dilakukan supaya positivity rate Covid-19 yang sudah berhasil diturunkan bisa terus ditahan di bawah lima persen.

Imam mengatakan, positivity rate harus dijaga selalu di bawah lima persen agar pandemi bisa bertransisi menjadi endemi. Dia melanjutkan, saat endemi maka pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa ditiadakan.

Kendati, dia mengatakan bahwa percepatan vaksinasi Covid-19 tetap diperlukan untuk menjaga tren penurunan kasus. Sehingga masyarakat dapat beribadah puasa dengan aman dan nyaman serta lebaran bisa berlangsung dengan meriah meski tentu tetap dengan menjaga protokol kesehatan.

Imam mengatakan, meskipun pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran aktivitas berkerumun namun masyarakat tetap diimbau agar terus menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga diminta proaktif dalam mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19.

"Peningkatan mobilitas dan interaksi sosial juga akan memperbesar resiko penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement