Kamis 31 Mar 2022 14:02 WIB

Jokowi Hargai Konsistensi Papua Nugini Hormati Kedaulatan Indonesia

Jokowi menyambut baik peningkatan hubungan perdagangan kedua negara.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo.
Foto: Tangkapan layar
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (31/3/2022) siang. Dalam pertemuan bilateral kedua negara ini, Presiden menyampaikan apresiasinya terhadap konsistensi sikap Papua Nugini dalam menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia.

Ia menegaskan, prinsip ini penting untuk terus dihormati dan dilaksanakan oleh semua negara secara konsisten. “Saya menghargai konsistensi sikap PNG dan PM Marape dalam menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia. Prinsip ini penting untuk terus dihormati dan dilaksanakan oleh semua negara secara konsisten,” ujar Jokowi dalam pernyataan pers bersama PM James Marape usai pertemuan bilateral.

Baca Juga

Jokowi pun bersyukur, di tengah pandemi ini hubungan bilateral kedua negara terus diperkuat. Dalam pertemuan ini dibahas penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang dan juga saling tukar menukar pandangan mengenai kerja sama di Pasifik.

Di bidang perdagangan, Jokowi menyambut baik peningkatan perdagangan kedua negara pada 2021 yang naik sebesar 87 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini lebih tinggi dibandingkan nilai perdagangan sebelum pandemi.

“Hal ini memberikan harapan dan optimisme terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi. Dan saya percaya masih banyak peluang yang dapat ditingkatkan,” kata Jokowi.

Karena itu, Indonesia akan membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan perekonomian masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement