Selasa 29 Mar 2022 18:21 WIB

Dua Spesies Burung Baru Teridentifikasi di Pegunungan Meratus

BRIN mengidentifikasi ada dua spesies burung baru di Pegunungan Meratus.

Pemandangan Puncak Halau-Halau Gunung tertinggi di Pegunungan Meratus terlihat dari wisata puncak Tiranggang di Desa Hinas Kiri, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Ahad (16/1/2022). Dua spesies burung baru ditemukan di Pegunungan Meratus, Kalimantan Tenggara.
Foto:

Sedangkan sikatan kadayang memiliki warna yang lebih khas, yaitu tubuh bagian atas yang berwarna biru dan bagian bawah berwarna coklat jingga terang sampai putih. Sikatan kadayang berbeda dari sikatan dayak (C. montanus) yang memiliki warna biru lebih pekat dan tubuh bawah kecoklatan tanpa warna putih.

Irham menuturkan, konservasi dan kelestarian burung di Pegunungan Meratus berpotensi terhadap ancaman dari perubahan dan kerusakan habitat. Wilayah dataran rendah dari Pegunungan Meratus telah mengalami perubahan, sehingga menyisakan habitat yang relatif utuh di zona pegunungan di atas 500 meter di atas permukaan laut dengan luasan yang cukup terbatas.

Ancaman lainnya adalah perburuan burung untuk memenuhi pasar burung berkicau. Perburuan tersebut mendorong populasi burung di Meratus pada ancaman kepunahan. Oleh karena itu, kata Irham, konservasi habitat dan spesies di Pegunungan Meratus sangat penting untuk dilakukan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement