Senin 28 Mar 2022 09:35 WIB

Agar Sebuah IKA Tetap Eksis, Ini Pesan Ketua IKA Unhas Jabodetabek

IKA Unhas Jabodetabek menggelar acara Jakarta Fun Walk 2022 bersama para alumni.

IKA Unhas Jabodetabek menggelar acara Jakarta Fun Walk 2022 di Kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad (27/3/2022)
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
IKA Unhas Jabodetabek menggelar acara Jakarta Fun Walk 2022 di Kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad (27/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Jabodetabek, menggelar acara Jakarta Fun Walk 2022 bertema Jaring Gembira Indonesia Sehat atau jalan sehat riang gembira di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (27/3/2022). Acara ini sekaligus menjadi ajang silaturrahim para alumni Kampus Unhas khususnya yang ada di Jabodetabek apalagi menjelang memasuki bulan Ramadhan. 

Sekitar 300-an alumni Unhas dari berbagai fakultas hadir sejak pagi. Mereka ada juga yang memboyong keluarga untuk bersama-sama jalan santai di area GBK, menikmati udara pagi yang cerah. Jalan santai yang digelar cukup unik karena diiringi parade musik rampak etnis Sulawesi Selatan. Acara ini dihadiri rektor Unhas terpilih, Jamaluddin Jompa, Sukriansyah S Latief yang mewakili Ketua IKA Unhas, juga hadir Ustad Das'ad Latif serta para alumni Unhas lainnya.

Baca Juga

Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak dalam sambutannya menyampaikan ada tiga hal yang perlu dilakukan agar sebuah IKA tetap eksis. Pertama, menurut Ismak, sebuah IKA tidak mengenal fanatisme kelompok, tidak ada dikotomi angkatan, seniorita. "Itu yang sering kali menyebabkan IKA bubar, jadi jangan sampai ada seperti itu," ujar Ismak.

Selanjutnya, Ismak menyebut poin kedua adalah sebuah IKA harus mencerahkan, membangun tradisi untuk selalu mau membangun sinergi. Ketiga, sebuah IKA harus realistis. Ismak menjelaskan, realistis hal yang penting agar kita tak berlebihan bermimpi. "Jangan mau bikin ini itu terlalu banyak maunya, saat rapat banyak agenda. Dengan kita realistis sinergi itu akan lebih dapat. Lakukan apa adanya saja sesuai kemampuan, realistis melihat zaman, realistis berteman, realistis mengatur waktu," kata Ismak. 

Ismak menegaskan, agar IKA Unhas Jabodetabek bisa tetap eksis, maka harus bisa mewujudkan tiga hal tersebut. Ketua Asosiasi Advokat Indonesia ini pun meyakini para alumni Unhas di Jabodetabek mau dan sanggup mewujudkannya.

 

photo
Jakarta Fun Walk 2022 IKA Unhas Jabodetabek - (Andi Nur Aminah/Republika)

Acara yang digelar sederhana namun meriah itu menjadi ajang para alumni untuk reuni kecil-kecilan dengan riang gembira. Sajian kuliner khas dari Makassar, dan iringin lagu-lagu etnik mampu menghadirkan suasana kampung halaman yang tentunya dirindukan oleh para alumni Unhas di perantauan. 

Ketua Panitia acara Jakarta Fun Walk 2022, Suaib Mappasila mengatakan, acara ini terwujud berkat kebersamaan dan komitmen ke-Unhas-an para alumni yang telah mempersiapkan dan hadir di acara tersebut. "Alhamdulillah, berkah dan rahmat Allah dicurahkan kepada kita semua, acara sukses padahal persiapan waktunya sangat mepet, apalagi cuaca cerah tak ada hujan, itu betul-betul di luar kekuasaan kita," ujar Suaib. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement