Sabtu 26 Mar 2022 18:22 WIB

Arus Kendaraan Jalur Puncak-Cianjur Sabtu Petang Meningkat

Antrean panjang kendaraan didominasi pendatang dari luar kota menuju Cipanas.

Petugas gabungan mengarahkan pengendara saat pemberlakuan ganjil-genap di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Arus kendaraan menuju kawasan wisata Cipanas meningkat pada akhir pekan ini. (ilustrasi)
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Petugas gabungan mengarahkan pengendara saat pemberlakuan ganjil-genap di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Arus kendaraan menuju kawasan wisata Cipanas meningkat pada akhir pekan ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Arus kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/3) petang, meningkat meski tidak terlihat antrean panjang kendaraan yang didominasi pendatang dari luar kota dengan tujuan tempat wisata di kawasan Cipanas. KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira, mengatakan, puluhan petugas disiagakan di titik rawan macet seperti di Jalan Pacet hingga pertigaan Hanjawar-Puncak.

"Jumlah kendaraan terlihat meningkat menjelang petang sehingga berbagai upaya dilakukan, termasuk sejumlah rekayasa arus ketika terjadi antrean. Namun hingga sore tidak terlihat antrean panjang, hanya laju kendaraan tersendat," katanya.

Baca Juga

Yudistira menjelaskan, antrean kendaraan sempat terlihat di Jalan Raya Pacet, Istana Cipanas dan pertigaan Kebun Raya Cibodas, namun tidak menyebabkan laju kendaraan terhenti karena tingginya kendaraan yang keluar masuk hotel dan rumah makan yang ada disepanjang jalur tersebut. Ia memperkirakan jumlah kendaraan akan terus meningkat hingga beberapa hari menjelang masuknya bulan puasa yang didominasi wisatawan lokal untuk melakukan tradisi "papajar" atau makan-makan sebelum melaksanakan ibadah puasa.

"Untuk antisipasi kita akan melakukan rekayasa arus, ketika terjadi antrean panjang kendaraan termasuk sistem satu arah yang sifatnya situasional. Untuk kendaraan dari luar kota, kami masih menerapkan ganjil genap di jalur Puncak," katanya.

 

Berdasarkan pantauan, jumlah kendaraan dari arah Bogor atau Bandung menuju kawasan wisata Puncak-Cipanas, terus meningkat, antrean kendaraan dengan laju tersendat terlihat mulai dari Jalan Raya Cugenang hingga Pertigaan Hanjawar-Puncak, namun tidak menyebabkan macet total. Faktor penyebab laju kendaraan tersendat akibat banyaknya kendaraan yang keluar masuk rumah makan, hotel, dan tempat wisata yang terdapat di sepanjang jalur tersebut.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement