Sabtu 26 Mar 2022 12:30 WIB

Menkes Ajak Universitas Bangun Ekosistem Start-up Berbasis Bioteknologi

Menkes mengajak universitas ikut membangun ekosistem start up berbasis bioteknologi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak universitas ikut membangun ekosistem start up berbasis bioteknologi.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak universitas ikut membangun ekosistem start up berbasis bioteknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menkes RI Budi Gunadi Sadikin mengajak universitas di seluruh Indonesia berkolaborasi bersama dalam membangun ekosistem start up dengan membangun perusahaan berbasis bioteknologi.

"Tentu dalam hal ini butuh dukungan universitas untuk membangun ekosistem start up dimana akan dirombak sedikit mekanisme pembiayaannya," kata Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga

Ia mengatakan dalam pengembangan ekosistem start up ini juga butuh dukungan pimpinan universitas untuk membangun ekosistem penelitian lebih baik sehingga tidak sepenuhnya menggunakan anggaran negara.

Pihaknya berharap dengan perencanaan ini bisa membawa bidang kesehatan ke tataran yang berbeda ke depannya. Salah satunya, bentuk dukungan perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Udayana, Bali untuk bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan.

Sebelumnya, Kemenkes memberikan 18 alat Whole Genome Sequencing (WGS) dan akan disebar ke seluruh Indonesia untuk membantu peneliti dalam penanganan penyakit prioritas.

Whole Genome Sequencing sendiri adalah metode yang digunakan untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus dan manusia. Genom adalah materi genetik yang tersusun dari DNA. Pihaknya berharap dengan alat Whole Genome Sequencing, peneliti di Indonesia tidak kalah dengan peneliti dari luar negeri.

"Tidak hanya akan pemberian alat saja tapi reagennya juga akan dibiayai dan diharapkan fokus ke treatment baru bagi penyakit. Penelitian yang akan dilakukan fokus nya ke produk layanan. Kemenkes juga sudah membagi-bagi center-nya dan peneliti-nya agar fokus ke bidang-bidangnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement