Sabtu 26 Mar 2022 03:35 WIB

Disnakertrans Karawang: Ketersediaan Kerja dan Pencaker tak Sebanding

Jumlah pencari kerja di Karawang lebih banyak daripada ketersediaan pekerjaan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Calon pelamar kerja membuat kartu kuning atau AK-1 di Dinas Tenaga Kerja. Jumlah pencari kerja di Karawang lebih banyak daripada ketersediaan pekerjaan. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/ADENG BUSTOMI
Calon pelamar kerja membuat kartu kuning atau AK-1 di Dinas Tenaga Kerja. Jumlah pencari kerja di Karawang lebih banyak daripada ketersediaan pekerjaan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyebut ketersediaan lapangan kerja dan jumlah pencari kerja di wilayah itu tidak sebanding. Hal ini disampaikan Sub Kordinator Informasi Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Karawang, Aan S.

"Kalau dibandingkan, jumlahnya lebih banyak pencari kerja dibandingkan ketersediaan lapangan kerja," katanya di Karawang, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga

Menurutnya jumlah pencari kerja di Kabupaten Karawang bisa dilihat dari mereka yang membuat kartu kuning dan yang mendaftar melalui akun pribadi di info lowongan kerja online. Info lowongan kerja online atau infoloker online adalah sistem lowongan kerja online resmi yang telah diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang pada September 2020.

Hingga kini jumlah pencari kerja di Kabupaten Karawang dilihat dari jumlah akun di infoloker online mencapai sekitar 97 ribu orang. Sedangkan dilihat dari permohonan pembuatan kartu kuning, jumlah pencari kerja di Kabupaten Karawang hingga kini sekitar 78 ribu orang.

Sementara untuk jumlah ketersediaan lowongan kerja masih minim. Apalagi masih sedikit perusahaan yang memanfaatkan infoloker online milik Pemkab Karawang. Dari ribuan perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang, hanya 184 perusahaan yang melakukan rekrutmen tenaga kerja melalui infoloker online tersebut.

Menurut Aan, pada tahun ini terhitung sejak Januari hingga pekan kedua Maret 2022 baru 2.810 pencari kerja yang telah disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah setempat. Sedangkan di sepanjang tahun 2021 terdapat 12.496 pencari kerja yang disalurkan ke perusahaan-perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement