Jumat 25 Mar 2022 17:49 WIB

Wali Kota Depok Sampaikan Tiga Persiapan Sambut Ramadhan

Dalam menyambut Ramadhan umat Islam harus memiliki mental dan spiritual yang baik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Depok, Mohammad Idris
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Wali Kota Depok, Mohammad Idris

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, ada tiga hal yang harus dipersiapkan umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Persiapan-persiapan tersebut dianggap perlu dan bermanfaat, terutama dalam meningkatkan takwa kepada Allah.

"Persiapan pertama ialah mental dan spiritual. Dalam menyambut Ramadhan umat Islam harus memiliki mental dan spiritual yang baik. Tidak ada rasa benci, tidak ada rasa permusuhan, sudah tidak ada lagi rasa kekesalan dengan sesama, tidak ada lagi keluhan-keluhan terhadap hak-hak Allah SWT yang harus kita jalankan, itulah persiapan-persiapan mental spiritual," ujar Idris, saat menjadi khotib salat Jumat, di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga

Idris menjelaskan, berikutnya adalah persiapan pikiran. Setiap umat Muslim diwajibkan membekali diri dengan ilmu ketika hendak beribadah kepada Allah SWT agar amal ibadah yang dilakukannya sesuai dengan tuntunan Islam.

"Jangan sampai kita sudah puasa 50 tahun tapi ternyata ada hal-hal yang kita lakukan yang bisa membatalkan puasa, atau bisa membatalkan pahala puasa," jelasnya.

Idris mengatakan, terakhir adalah terkait dengan persiapan fisik yang harus disiapkan umat Islam. Menurutnya, tiga pesan tersebut yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

"Mudah-mudahan Allah SWT memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik sampai kita mendapatkan fitrah dari Allah SWT pada saat Idul Fitri," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement