Selasa 22 Mar 2022 06:29 WIB

ASDP Layani 26 Ribu Penumpang di Lintasan Bali-Lombok Selama MotoGP

Kkapal feri yang melayani penyeberangan Lembar-Padangbai, Bali sebanyak 26 unit.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Warga dan wisatawan mancanegara berjalan menuju kapal feri tujuan Pelabuhan Lembar, NTB di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warga dan wisatawan mancanegara berjalan menuju kapal feri tujuan Pelabuhan Lembar, NTB di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melayani 26 ribu orang penumpang yang melintas di penyebrangan Bali-Lombok selama perhelatan MotoGP pada periode 15-20 Maret 2022. Dari total tersebut tercatat 6 468 unit sepeda motor, 2.702 unit kendaraan pribadi, dan 699 unit bus yang melintas Bali-Lombok. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan layanan penyeberangan di lintasan Padangbai-Lembar mengalami tren kenaikan signifikan pada periode tersebut. "Para penonton event MotoGP berdatangan cukup banyak baik yang berasal dari luar negeri maupun domestik," kata Shelvy dalam pernyataan tertulisnya, Senin (21/3/2022) malam. 

Baca Juga

Dia menjelaskan, tren pergerakan penumpang dari Jawa, Bali, Sumbawa, maupun daerah lainnya memadati Pelabuhan Padangbai, Kayangan-Pototano, dan Ketapang yang akan menuju Lombok sejak tanggal 15 Maret 2022. Sementara puncak arus balik dari Pelabuhan Lembar menuju Padangbai, Bali terjadi pada Ahad (20/3/2022). 

Shelvy menegaskan ASDP memberlakukan pola layanan sangat padat dengan memaksimalkan operasi 26 kapal dan memperpendek waktu pelayanan di dermaga hanya 20 menit. "Tidak lupa, ASDP juga melakukan koordinasi intensif dengan BPTD dan instansi terkait lainnya untuk kelancaran operasional dan layanan," ujar Shelvy.

Tercatat kapal feri yang melayani penyeberangan Lembar-Padangbai, Bali sebanyak 26 unit termasuk dua kapal ASDP, KMP Rodhita, dan KMP Port Kink II. Pelabuhan Lembar berkapasitas 300 orang dan parkir untuk 250 unit kendaraan. Sedangkan di Padangbai kapasitasnya untuk menampung 300 orang dan parkir bagi 200 unit kendaraan.

Shelvy menambahkan,  ASDP Cabang Lembar juga memaksimalkan layanan pelabuhan. Hal tersebut dilakukan pada fasilitas, penambahan loket, counter top-up kartu elektronik, optimalisasi personil pendukung di lapangan, serta tetap menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan di lingkungan kapal dan pelabuhan. 

"Selama perhelatan MotoGP Mandalika, layanan penyeberangan di lintas Padangbai-Lembar yang mengalami kepadatan tetap berjalan aman, lancar, tertib, dan nihil kecelakaan," jelas Shelvy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement