Jumat 18 Mar 2022 16:25 WIB

BKIPM Siapkan Verifikator Quality Assurance untuk Dukung KKP Accelerate 2022 

BKIPM menyiapkan verifikator quality assurance untuk mendukung KKP Accelerate 2022.

Bimbingan teknis verifikator QA BKIPM
Foto:

Salah satu kegiatan verifikator QA adalah melakukan verifikasi ke unit-unit terkait seperti unit pembenihan, unit pembesaran di perikanan budidaya dan pelabuhan serta kapal di perikanan tangkap. Melalui pengecekan di lapangan, para penanggung jawab dan petugas verifikator dapat membangun sinergitas, komunikasi dan koordinasi untuk melaksanakan tugas tersebut. 

Saat ini regulasi perikanan dunia hanya mengakui sertifikat Hazard Analisys and Critical Control Point (HACCP) terkait ekspor impor komoditas. HACCP merupakan suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan kepada kesadaran atau penghayatan bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik atau tahap produksi tertentu, tetapi dapat dilakukan pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut.

 

Di tahun 2022 ini tercatat ada 15 lokasi yang sudah ditetapkan menjadi program prioritas KKP yang terdiri dari 9 lokasi kampung dan kawasan budidaya serta 6 pelabuhan perikanan di seluruh Indonesia. BKIPM pun memiliki peran sebagai Quality Assurance di lokasi-lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement