Rabu 16 Mar 2022 06:13 WIB

Kemenhub Siapkan Penginapan Terapung Gratis Selama MotoGP 2022

Tersedia fasilitas 1.500 bed dan siap digunakan mulai 17 hingga 21 Maret 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus raharjo
Para pemudik mengantre bersiap menaiki Kapal Motor (KM) Kelud tujuan Batam dan Medan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Para pemudik mengantre bersiap menaiki Kapal Motor (KM) Kelud tujuan Batam dan Medan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan penginapan terapung gratis selama gelaran MotoGP 2022. Hal tersebut dilakukan melalui penugasan kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dalam menyediakan akomodasi terapung.

"Kami sudah meminta Pelni untuk menyediakan akomodasi terapung gratis untuk menampung para penonton yang tidak mendapat tempat menginap karena akomodasi di seputar lokasi MotoGP sudah penuh," kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Mugen Sartoto, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga

Mugen mengharapkan hal tersebut dapat bermanfaat karena animo menonton masyarakat sangat tinggi. Dia mengatakan Kemenhub tergerak untuk membantu agar mereka tetap dapat menikmati gelaran MotoGP dengan akomodasi yang memadai.

Dia memastikan, KM Kelud akan digunakan sebagai penginapan terapung. Kapal tersebut telah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Ahad (13/3/2022) sore dan telah tiba di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok pada Selasa (15/3/2022).  

"Tersedia fasilitas 1.500 bed dan siap digunakan mulai tanggal 17 Maret hingga 21 Maret 2022, khusus bagi penonton MotoGP Mandalika 2022. Pelni pun telah menyampaikan kepada masyarakat terkait cara pendaftaran dan pemesanan," ungkap Mugen.

Mugen menambahkan, Pelabuhan Lembar termasuk Pelabuhan Gili Mas sudah disiapkan dengan menerapkan standar pelayanan dan aspek protokol kesehatan yang ketat untuk menyambut para wisatawan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Lembar juga menyiagakan satu unit kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk melakukan patroli rutin bersama dengan unsur pengamanan lainnya dari instansi terkait.

"Petugas kami di lapangan, siap memberikan pelayanan terbaiknya selama masa penyelenggaraan MotoGP 2022, agar masyarakat atau publik dapat menikmati MotoGp dengan baik dan lancar," ujar Mugen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement