Selasa 15 Mar 2022 17:47 WIB

Meski Ada Tren Penurunan Indikator, Kemenkes: Indonesia Masih dalam Situasi Pandemi

Kemenkes sebut Indonesia sudah bersiap untuk membuat langkah menuju arah endemi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Kemenkes menyatakan, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun ada tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan hal positif untuk mengarah ke endemi.
Foto:

Nadia memastikan, pemerintah RI tidak rerburu-buru mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Sebab, hal yang terpenting, pada fase endemi nanti adalah tetap hidup berdampingan dengan Covid-19, namun penyakit tersebut tidak akan mengganggu keberlangsungan aktivitas masyarakat.

"Kita tahu endemi itu artinya bukan berarti kasus Covid-19 tidak ada sama sekali, tapi tetap kasus itu akan ada karena kita tahu untuk menghilangkan suatu penyakit butuh waktu lebih panjang, bahkan ratusan tahun. Tentu kita harus hidup berdampingan dengan  Covid-19," tuturnya.

photo
Tiga Skenario Pandemi Menuju Endemi - (infografis republika)

Negara tetangga, Malaysia, telah mengumumkan bahwa mereka akan masuk fase transisi ke endemi pada 1 April. Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, keputusan ini mempertimbangkan berbagai faktor, melakukan penilaian resiko, mempertimbangkan pendapat Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH), dan rekomendasi dari empat menteri yang mengurusi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement