Selasa 15 Mar 2022 03:23 WIB

Siloam Yogya Gelar Edukasi Perlindungan Anak di Kala Pandemi

Edukasi bincang Sehat Siloam Yogya digelar bertepatan dengan Hari Perempuan

Logo Siloam Hospitals Group
Foto: https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup
Logo Siloam Hospitals Group

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bertepatan dengan peringatan "Hari Perempuan Internasional" pada Selasa, 08 Maret 2022, program edukasi bincang sehat kembali diadakan oleh Siloam Hospitals Yogyakarta. Edukasi bincang sehat kali ini bertajuk Lindungi Buah Hati Kala Hadapi Pandemi".

Tema ini dipilih menjadi pokok bahasan guna mengingatkan kembali para ibu dalam menjaga kesehatan keluarga, menghadapi pandemi COVID-19 yang telah memasuki tahun ketiga. 

Dokter spesialis anak dari Siloam Hospitals Yogyakarta,  Putu Diah Pratiwi mengutarakan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental anak oleh orang tua, termasuk pemenuhan asupan nutrisi dari sumber makanan bergizi dan menjaga kecukupan asupan cairan bagi anak selama masa pandemi. Disampaikan pula edukasi pada anak tentang penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar.

"Termasuk menjalankan vaksinasi yang menjadi pencegahan terbaik saat ini," tutur dr. Putu Diah Pratiwi, Sp.A., membuka sesi edukasi bincang sehat secara live melalui aplikasi Instagram. Dalam program edukasi ini turut hadir ibu Reisa Nurma, seorang 'momfluencer' yang cukup dikenal luas oleh para Ibu di kota Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, momfluencer ibu Reisa Nurma turut mengingatkan akan kebersihan area ruangan ruangan di area rumah juga diperhatikan. Adapun pada penggunaan masker, untuk anak di bawah usia dua tahun pemakaian masker belum dianjurkan, dikarenakan kemampuan anak berkomunikasi apabila terjadi 'sesuatu' dalam menyampaikan komunikasinya.

"Usia anak dua tahun, tetap dijaga kesehatannya tanpa masker melalui lingkungan rumah yang sehat, ventilasi yang baik dan asupan nutrisi yang disesuaikan usia, termasuk asupan air susu ibu," ungkap Putu Diah Pratiwi, dokter Spesialis Anak yang berpraktek tetap di rumah sakit yang berlokasi di bilangan jalan Laksda Adisucipto, Demangan, Kota Yogyakarta ini. 

Bimbingan Protokol Kesehatan

Istilah istirahat bermasker, untuk usia tiga tahun dapat dilakukan pada kondisi seperti: tidur dan berada pada ruangan yang sehat."Para ibu dan orang tua dapat menemukan cara terbaik, interaktif dan menyenangkan untuk mengedukasi anak tentang protokol kesehatan dalam masa pandemi virus corona ini.

Perilaku orang tua serta orang di lingkungan rumah akan menjadi contoh pertama bagi sang buah hati dalam pembentukan perilaku. "Kita harus senantiasa memberikan contoh yang baik dan benar terkait protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, yang dapat menjadi pondasi pembentukan perilaku hidup sehat anak" ungkap dr. Putu Diah Pratiwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement