Selasa 08 Mar 2022 21:27 WIB

Diskon Besar Tiket untuk ASN demi Semaraknya MotoGP Mandalika

ASN dan warga lokal NTB mendapatkan diskon tiket MotoGP Mandalika hingga 80 persen.

Foto udara sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Indonesia akan menggelar balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022. (ilustrasi)
Foto:

Dinas Pariwisata Kota Mataram, NTB, pada Selasa (8/3/2022) menyebutkan tingkat hunian hotel di Mataram menjelang perhelatan akbar MotoGP 18-20 Maret 2022 sudah mencapai 70 persen.

"Tingkat hunian tersebut kita yakini akan terus naik hingga pada puncaknya akan penuh hingga 100 persen saat MotoGP berlangsung," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, NTB, Selasa.

Tingkat hunian hotel saat ini, lanjutnya, naik signifikan dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2021 dengan hunian di bawah 50 persen akibat pandemi Covid-19. Apalagi, kata Denny, kebijakan pemerintah menghapus persyaratan tes usap PCR dan antigen Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik, baik melalui transportasi darat, laut maupun udara, diyakini memudahkan penonton dari berbagai daerah berdatangan.

"Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah itu memberi peluang besar terhadap dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Pada Senin (7/3/2022), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa Bali mengatakan, penonton MotoGP Mandalika yang sudah divaksinasi dosis penuh atau dua kali vaksinasi tidak perlu melakukan tes PCR maupun antigen. Airlangga mengatakan, kebijakan itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan cakupan vaksinasi dosis kedua di NTB yang sudah lebih dari 70 persen.

"Tadi sudah mendapatkan arahan Presiden bahwa dengan dosis kedua sudah level di 70 persen, maka untuk penonton di Mandalika MotoGP yang sudah dua kali vaksinasi tidak perlu dites baik PCR maupun antigen lagi," ujar Airlangga dalam konferensi pers secara daring usai ratas tentang PPKM, Senin.

Airlangga mengungkap, secara keseluruhan kesiapan MotoGP Mandalika, mulai dari cakupan vaksinasi yakni dosis pertama di NTB sudah 92,5 persen dan dosis kedua sebanyak 70,6 persen. Selain itu, pelaksanaan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang terus disiapkan, termasuk kesiapan teknis.

"Pengaspalan ulang kapasitas penonton adalah 60 ribu dan seluruh tiket sudah sold out terutama di hari ketiga di hari pertandingan atau race day," kata Airlangga.

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda memastikan pengaspalan ulang sirkuit Mandalika, rampung pekan ini. Bahkan jika tak ada kendala, perbaikan lintasan seharusnya selesai pada Selasa ini.

"Tetapi tergantung cuaca. Memang kami menargetkan selesai pada 10 Maret. Tapi kalau secara timeline kami bisa menyelesaikan hari ini. Semoga cuaca bersahabat," kata Cahyadi di Mandalika GP Hub, Oval Atrium, Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Selasa sore WIB.

"Kalaupun tidak hari ini, target kami masih ada beberapa hari lagi jauh dari tenggat yang ditetapkan. Jadi secara prosedur masih aman," tambah dia.

Selain pengaspalan ulang, dia juga menegaskan semua persiapan termasuk pembangunan grandstand untuk penonton akan selesai tepat waktu. "Kami prediksi semua grandstand, 50 ribu grandstand akan selesai tanggal 15 atau 16 Maret dan itu paling telat," kata Cahyadi.

 

photo
Valentino Rossi memutuskan mundur dari MotoGP pada akhir musim ini. - (DOK REPUBLIKA)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement