Kamis 24 Feb 2022 15:30 WIB

Pupuk Indonesia Raih Indonesia Excellence GCG Awards 2022

Pupuk Indonesia memiliki komitmen kuat dalam penerapan GCG

Pupuk Indonesia memiliki komitmen kuat dalam penerapan GCG.
Foto: Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia memiliki komitmen kuat dalam penerapan GCG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Excellence Good Corporate Governance (GCG) Implementation on Developing Sustainable Agriculture Ecosystem pada ajang Indonesia Excellence GCG Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahan nasional yang secara konsisten menerapkan GCG dalam operasional bisnisnya.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto, menyatakan perusahaan sebagai salah satu BUMN memiliki komitmen kuat dalam penerapan GCG. Karena GCG dianggap sebagai landasan penting untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan. Selain itu, penerapan GCG juga menjadi penting di dalam mendukung kebijakan dan upaya pemulihan ekonomi yang sedang dijalankan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga

“Betul bahwa itu adalah komitmen kami dalam rangka penerapan GCG dalam perusahaan. Serta dalam konteks kita akan mewujudkan visi perusahaan ke depan, agar kita bisa memberikan solusi yang lebih baik dalam ekosistem di industri pertanian,” ujar Nugroho saat menerima penghargaan Excellence GCG Award 2022 dari Warta Ekonomi secara virtual di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Di antara pertimbangan Dewan Juri untuk memberikan penghargaan kepada Pupuk Indonsia antara lain karena perusahaan memiliki komitmen dalam implementasi GCG yang kuat. Selain itu, perusahaan juga dinilai konsisten dalam mengelola risiko fraud yang diwujudkan melalui penerapan Pedoman Sistem Pengendalian Fraud.

photo
Pupuk Indonesia memiliki komitmen kuat dalam penerapan GCG. - (Pupuk Indonesia)

Selain pengelolaan fraud, Pupuk Indonesia juga diapresiasi atas kinerjanya untuk mengoptimalkan proposisi produk, dukungan, dan peningkatan pelayanan. Di antaranya melalui penyeragaman produk Urea dan NPK dengan brand baru yaitu Nitrea dan Phonksa Plus 16-16-16. Hal tersebut didukung juga dengan pengembangan layanan digital Distribution Planning & Control System (DPCS) yang dapat melakukan pengawasan pendistribusian pupuk secara real time.

Perusahaan juga dinilai memiliki kemampuan komunikasi yang baik melalui sejumlah program. Di antaranya adalah Makmur yang merupakan aktualisasi atas komitmen Pupuk Indonesia dalam upaya berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pupuk Indonesia juga dinilai telah mengelola berbagai saluran komunikasi yang baik seperti melalui Key Opinion Leader (KOL), Whatsapp (WA), Pusat Pengaduan Pelanggan, sehingga memiliki pelayanan yang sangat baik.  

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini kita bisa memberikan motivasi yang lebih agar Pupuk Indonesia selalu bisa memberikan layanan terbaiknya kepada stakeholder,” tutup Nugroho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement