Kamis 24 Feb 2022 14:59 WIB

Pemkot Bogor Tagih Rencana Revitalisasi Terminal Baranangsiang

Pemkot Bogor menagih rencana untuk merevitalisasi Terminal Baranangsiang.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah penumpang berjalan di Terminal Tipe A Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat. Pemkot Bogor menagih rencana untuk merevitalisasi Terminal Baranangsiang.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Sejumlah penumpang berjalan di Terminal Tipe A Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat. Pemkot Bogor menagih rencana untuk merevitalisasi Terminal Baranangsiang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Terminal Baranangsiang Kota Bogor yang rencananya akan direvitalisasi menjadi kawasan kawasan Transit Oriented Development (TOD) belum juga terwujud.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merencanakan pertemuan kembali dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Pancakarya Grahatama Indonesia (PGI) sebagai pihak ketiga, dalam waktu dekat.

Baca Juga

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mengatakan Pemkot Bogor ingin mempertanyakan kepastian waktu rencana pembangunan dan peletakan batu pertama revitalisasi Terminal Baranangsiang. Sebab berdasarkan informasi yang didapat sebelumnya, revitalisasi akan dilaksanakan pada Oktober tahun lalu.

“Kita baru merencanakan untuk pertemuan dengan BPTJ dan PT PGI. Kita juga minta kepada BPTJ agar dapat segera merealisasikan rencana revitalisasi Terminal Baranangsiang di tahun ini,” kata Dedie kepada Republika, Kamis (24/2/2022).

Dedie mengaku ia sendiri belum mengetahui kendala dan permasalahan dalam pelaksanaan revitalisasi Terminal Baranangsiang. Ia pun belum mengetahui apakah permasalahan ada pada Legal Opinion (LO) dari Kejaksaan Agung yang sudah direvisi atau belum.

“Kan LO itu katanya kemarin terlalu memberatkan pihak PT PGI. Nah dengan perpanjangan waktu, kemudian rencana apa yang akan PGI sampaikan,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, Pemkot Bogor hanya tinggal menunggu kepastian kelanjutan pembangunan lantaran Terminal Baranangsiang merupakan terminal tipe A yang kewenangannya ada di pemerintah pusat.

“Pemkot Bogor menunggu, karena itu kewenangan pusat ya. Terkait desain, itu kan ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) lama. Tapi saya mendengar akan diajukan lagi IMB baru, karena ada perubahan desain,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur PT PGI, Sumarsono Hadi, menegaskan revitalisasi Terminal Baranangsiang bakal dimulai pada 2022. Selain berfungsi sebagai terminal, kawasan itu nantinya disulap jadi Transit Development Oriented (TOD) yang terintegrasi kawasan komersial. Dimana proses pembangunan diperkirakan bakal memakan waktu empat tahun.

Menurutnya, revitalisasi terminal Baranangsiang sempat tertunda selama sembilan tahun. Dalam surat keputusan yang lama, PT PGI mendapatkan jatah selama 30 tahun sebagai hak untuk mengelola terminal, melalui perjanjian Build Operate Transfer (BOT) atau Bangun Guna Serah.

Namun, karena pembangunan yang tak kunjung terealisasi, pihaknya berupaya untuk menggeser waktu pengelolaan terminal yang mulanya dihitung pada 2012, bergeser menjadi 2021.

Berdasarkan hasil Legal Opinion (LO) dari Kejaksaan Agung (Kejagung), PT PGI mendapatkan jatah untuk mengelola Terminal Baranangsiang selama 30 tahun secara utuh.

Tapi untuk memulai pembangunan, kontraktor masih menunggu pembaruan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pihaknya pun menargetkan saat penyesuaian IMB selesai, maka pembangunan dapat dilakukan.

Selain menunggu pembaharuan IMB, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) pada 2012 dengan kondisi dan fungsi dengan saat ini pun berbeda. Salah satunya dipengaruhi keberadaan ojek daring.

Ada juga rencana Pemkot Bogor meletakkan ujung lintas rel terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dan trem di kawasan Baranangsiang yang tidak terlalu jauh dari Tol Jagorawi. Sehingga bisa dipastikan pusat transportasi bakal bertumpu di kawasan tersebut.

“PT PGI hanya tinggal desain saja. Kalau bisa cepat, kami juga siap gambar desain, hitung berapa kontribusi untuk negara, begitu ditetapkan bisa,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement