Senin 21 Feb 2022 00:19 WIB

Insfrastruktur Pariwisata di Pangandaran Terus Diperbaiki, Jembatan Cikidang Diresmikan

Jembatan itu sempat viral karena banyak netizen yang mengunggah di media sosial.

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cikidang di Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (20/2/2022).
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cikidang di Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (20/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN--Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cikidang di Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (20/2/2022). Jembatan yang dikenal dengan sebutan Jembatan Merah itu menghubungkan pelabuhan pendaratan ikan Cikidang dengan kawasan Pantai Timur Pangandaran. 

"Namanya sesuai aspirasi masyarakat yaitu Jembatan Merah, pada kesempatan ini saya resmikan," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Kabupaten Pangandaran, Ahad (20/2/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan, jembatan itu sebenarnya sudah mulai dioperasikan sejak akhir Desember 2021. Selain menjadi sarana penunjang aksesibilitas warga, jembatan itu juga menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Bahkan, menurut dia, jembatan itu sempat viral karena banyak netizen yang mengunggah di media sosial.

Emil menambahkan, kehadiran Jembatan Merah juga akan meningkatkan denyut perekonomian warga. Karena akses masyarakat ke pelabuhan pendaratan ikan akan semakin mudah.

Ia menyebutkan, pembangunan Jembatan Merah yang dibiayai menggunakan anggaran Pemperintah Provinsi (Pemprov) Jabar, merupakan satu dari deretan infrastruktur baru di area wisata Pangandaran. Ia berharap wisata Pangandaran naik kelas dan menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia.

"Sudah banyak perbaikan infrastruktur wisata Pangandaran seperti Pantai Barat dan Timur, Alun-alun Paamprokan, Alun-alun Parigi, Batu Hiu, Karang Tirta dan lainnya, semata-mata agar Pangandaran selalu naik kelas menjadi daerah wisata terbaik di Indonesia," kata dia.

Emil menambahkan, pada tahun ini, Pemprov Jabar juga akan kembali membangun jalan dan jembatan di wilayah Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran, yang akan menghubungkan akses dari Pantai Pangandaran ke Pantai Batu Hiu. Total anggaran yang disiapkan untuk proyek itu sekitar Rp 85 miliar.  "Jadi nanti dari Pantai Pangandaran ke Batu Hiu lebih dekat. Kalau selama ini kan harus memutar jauh," kata dia. 

Dalam rencana desain pembangunan jalan dan jembatan itu, Emil mengaku ikut terlibat. Nantinya, akan terdapat sejumlah ornamen khusus yang membuat jembatan itu terlihat istimewa.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran masih akan fokus untuk melakukan penataan dan perluasan kawasan wisata dalam pengembangan industri pariwisata. Rencananya, tahun ini sejumlah akses jalan antarkawasan wisata akan tersambung. "Kami fokus di infrastruktur dulu, penataan kawasan," kata dia.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement