Jumat 18 Feb 2022 15:20 WIB

Golkar Tanggapi Hasil Survei CNN Airlangga Elektabilitas Tertinggi  

Golkar menyatakan akan terus bekerja untuk dongkrak elektabilitas Airlangga

Ketua DPP Golkar, Tubagus Ace Hasan Syadzily, menyatakan Golkar menyatakan akan terus bekerja untuk dongkrak elektabilitas Airlangga
Foto: Republika/Mimi Kartika
Ketua DPP Golkar, Tubagus Ace Hasan Syadzily, menyatakan Golkar menyatakan akan terus bekerja untuk dongkrak elektabilitas Airlangga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Citra Network Nasional merilis survei preferensi politik yang menunjukkan Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang paling banyak dipilih sebagai presiden oleh responden sebanyak 21,8 persen. Dengan jumlah responden sebanyak 2.140 orang, yang dilakukan pada 22 Januari sampai 6 Februari 2022.  

Menanggapi survei dari CNN, Ketua DPP Golkar, Tubagus Ace Hasan Syadzily, menyatakan hasil survei tersebut tak membuat Partai Golkar berpuas diri. Menurutnya, Pilpres dan Pileg masih dua tahun lagi.  

Baca Juga

"Kami terus bekerja untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas Ketua Umum kami, Pak Airlangga Hartarto, sebagai calon Presiden RI pada Pilpres 2024 nanti dan terus meningkatkan kemenangan Partai Golkar dalam Pemilu 2024," kata Ace Hasan, dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).  

Soal nama Airlangga Hartarto disebutkan menempati posisi unggul atau sebaliknya, kata Ace Hazan, tidak menyurutkan bagi Golkar untuk terus berjuang meningkatkan elektabilitas ketumnya. Masih ada waktu dua tahun untuk bekerja bagi Partai Golkar.  

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini menegaskan, Partai Golkar yakin bahwa Airlangga akan memenangkan Pilpres karena memiliki tiket untuk maju menjadi Capres. Sehingga, masyarakat akan memilih capres yang mendapat dukungan dari partai politik. 

“Selain bahwa Pak Airlangga sendiri memiliki kompetensi, tak hanya dukungan politik, tetapi juga kemampuan teknokratik dalam melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024, terutama dalam bidang ekonomi. Prestasinya sebagai Menko Perekonomian dan Ketua Komite KCPEN menunjukan kinerja beliau diapresiasi masyarakat,” kata dia.  

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Citra Network Nasional (CNN) Dwi Harini Soejono menyatakan, Airlangga Hartarto menempati peringkat pertama tokoh yang dipilih jika Pilpres digelar hari ini dengan tingkat elektabilitas mencapai 21,8 persen.  

“Pertanyaan ‘Siapakah Tokoh yang Anda Pilih jika Pemilu Presiden dilaksanakan hari ini?’ maka didapatkan hasil dengan peringkat pertama Airlangga Hartarto yang dipilih oleh 21,8 persen responden,” ujar Direktur Eksekutif Citra Network Nasional Dwi Harini Soejono, Rabu (16/2/2022).  

Menyusul Airlangga, muncul nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 15,3 persen. Disusul oleh nama Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dengan 8,1 persen responden. Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan keempat dengan 7,5 persen.  

Menurut Dwi, nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto juga muncul di urutan teratas dalam simulasi tertutup pilpres. Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Menko Perekonomian dipilih sebanyak 23,5 persen responden. Di urutan kedua dan ketiga masih memunculkan nama yang sama, yakni Prabowo Subianto (16,4 persen) dan Ganjar Pranowo (8,3 persen).  

“Alasan responden memilih Airlangga Hartarto adalah karena Indonesia butuh keberlanjutan pembangunan yang sudah dijalankan Presiden Jokowi dan perbaikan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan akibat dampak pandemi Covid-19,” ujar Dwi.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement