Jumat 18 Feb 2022 09:35 WIB

TikTok dan Waktu yang Disembunyikan

TikTok bergerak lebih jauh lagi untuk mencegah penggunanya memiliki kesadaran waktu.

Logo aplikasi TikTok muncul di Tokyo pada 28 September 2020.
Foto:

Masih menurut Wired, dengan tidak adanya time-stamp di video TikTok, secara tidak langsung TikTok memberi isyarat bahwa ini bukanlah platform bagi orang yang mencari berita ataupun informasi. Namun temuan Wired yang paling mengejutkan adalah, TikTok bergerak lebih jauh lagi untuk mencegah penggunanya memiliki kesadaran waktu dengan menyembunyikan jam yang ditampilkan di sisi atas iPhone.  

Kehilangan kesadaran tentang waktu tentu kini menjadi ancaman bagi siapapun yang menggunakan aplikasi TikTok. Mungkin tidak terlalu bermasalah jika kita lupa waktu dalam menonton detail teknis bagaimana membuat semi-konduktor atau menonton sebuah debat apakah pluto dianggap planet atau bukan. Tapi bagaimana jika seseorang hilang waktu saat menonton orang-orang yang memamerkan aurat ataupun goyangan erotis?!

Sungguh, orang tersebut berada dalam kerugian besar.

Rehat dari menggali tentang TikTok, ada dorongan kuat untuk mendengar soundtrack paling berpengaruh dekade ini, dari film lain Christopher Nolan, Inception. Bisa tebak judul soundtrack karya Hans Zimmer ini? Ya, Anda benar. Judulnya adalah "Time".

*) Penulis adalah pendidik, praktisi sosial media, dan praktisi web development

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement