Kamis 17 Feb 2022 20:28 WIB

Ada Kendala Akses Layanan Telemedicine, Apa yang Harus Dilakukan?

Lakukan sejumlah langkah berikut jika mengalami kendala saat mengakses telemedicine.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Relawan Satgas PPKM RW 10 menunjukkan obat Paket Isoman 3 bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya di Jalan Kebon Bibit Selatan, Tamansari, Kota Bandung, Rabu (4/8/2021). Akses obat Covid-19 gratis bisa didapat melalui layanan telemedicine.
Foto:

Bagaimana kalau masyarakat di area yang telah mendapatkan layanan telemedicine dan telah memenuhi kriteria tersebut, namun tidak kunjung mendapatkan bantuan vitamin dan antivirus? Wiku menyarankan agar segera lakukan pengaduan kepada halo Kemenkes melalui nomor telepon di 1500567 atau SMS ke 081281562620.

"Jika terjadi perburukan gejala, segera hubungi puskesmas setempat melalui ketua RT atau RW," ujarnya.

photo
Infografis tata cara dapat obat gratis bagi pasien Covid-19 - (Republika)

Pemerintah saat ini berupaya memperluas cakupan layanan telemedicine secara nasional. Wiku menjelaskan, layanan telemedicine ini dikhususkan bagi kasus positif Covid-19 yang menjalani upaya isolasi mandiri di rumah.

Wiku mengatakan, dalam memudahkan aksesibilitas pelayanan kesehatan di komunitas terkini, Kementerian Kesehatan juga telah menerima pengajuan layangan telemedicine untuk kasus positif dari hasil testing rapid antigen, selain hasil tes PCR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement