Kamis 17 Feb 2022 12:50 WIB

DAMRI Operasikan Angkutan Perintis di Lampung

Tahun ini Damri diperkirakan akan melayani lebih dari 300 rute perintis.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Bus  Damri (ilustrasi). Perum Damri resmi melayani trayek angkutan perintis di Lampung.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bus Damri (ilustrasi). Perum Damri resmi melayani trayek angkutan perintis di Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perum Damri resmi melayani trayek angkutan perintis di Lampung. Plt Corporate Secretary Damri Siti Inda Suri mengatakan, layanan tersebut merupakan salah satu bentuk penugasan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. 

“Penugasan ini merupakan bagian dari peran yang dijalankan oleh Damri untuk mendukung konektivitas transportasi darat di Indonesia melalui berbagai rute, bahkan hingga ke daerah 3TP,” kata Siti dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (17/2/2022). 

Baca Juga

Dia menuturkan, selama 2022 Damri diperkirakan akan melayani lebih dari 300 rute perintis di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan pengoperasian lebih dari 502.500 unit armada bus atau sebanyak lebih kurang 350.000 perjalanan. 

Salah satu layanan perintis yang dilayani Damri adalah untuk wilayah Lampung. “Damri memastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi darat yang aman dan terjangkau,” jelas Siti. 

Layanan perintis di Lampung tersebut dibuka dengan rute Rajabasa – Margomulyo dengan tarif Rp 5 ribu. Jadwal operasional rute tersebut dengan keberangkatan setiap hari yaitu dari Pool Damri Rajabasa. Lalu rute sebaliknya yaitu Margomulyo-Rajabasa dengan tarif yang sama dan diberangkatkan tari dari Lapangan Bola Margomulyo. 

“Pemesanan tiket dapat dilakukan dengan mendatangi langsung Toko Sobari yang terletak di depan Lapangan Sepak Bola Margomulyo,” ujar Siti. 

Dia memastikan. Damri akan terus mendukung layanan angkutan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya. Rute perintis dioperasikan untuk meningkatkan pengembangan transportasi dan aktivitas kemasyarakatan di wilayah tersebut. 

“Kami berharap layanan keperintisan ini dapat terus terlaksana, sehingga mampu meningkatkan konektivitas, aksesibilitas, serta memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan 3TP tersebut,” ungkap Siti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement