Rabu 16 Feb 2022 20:24 WIB

Proyek Masjid Agung Bogor Terus Molor

Denda perpanjangan proyek pembangunan Masjid Agung Bogor mencapai Rp 2 miliar.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Revitalisasi Masjid Agung tahun ini memakan anggaran Rp 32 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor 2021, mengalami keterlambatan penyelesainnya.
Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Revitalisasi Masjid Agung tahun ini memakan anggaran Rp 32 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor 2021, mengalami keterlambatan penyelesainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Hingga pertengahan Februari 2022, proyek revitalisasi Masjid Agung Kota Bogor belum juga rampung. Bahkan, proyek tahun anggaran 2021 ini kembali mengalami perpanjangan hingga dua kali sampai pertengahan Maret 2022.

Sedianya, pekerjaan dengan nilai Rp 30 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor itu harus selesai pada akhir kontrak di 17 Desember 2021. Namun pengerjaan proyek mengalami keterlambatan dan diputuskan diperpanjang hingga 5 Februari 2022.

Baca Juga

Hingga akhir masa perpanjangan tersebut, kontraktor belum juga menyelesaikan pekerjaan. Bahkan pekerjaan kembali diperpanjang hingga 5 Maret 2022. Hal itu terkuak ketika Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meninjau pekerjaan itu pada Rabu (16/2) siang.

Bima Arya mengatakan, perpanjangan kedua kembali dilakukan karena terdapat masalah teknis pada tahap pemasangan atap. “Pembangunan Masjid Agung ini dapat perpanjangan kedua. (Perpanjangan) pertama (sampai) 5 Februari 2021,” ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Bima Arya menjelaskan, molornya pengerjaan pembangunan atap Masjid Agung lantaran ada masalah teknis pada produksi enamel. Dimana enamel berbahan alumunium itu mengalami kelangkaan.

Padahal enamel berfungsi untuk menutup atam masjid. “Sehingga berdasarkan aturan bisa diperpanjang untuk ke dua kali, sampai 5 Maret 2022,” imbuhnya.

Secara umum, kata dia, progres pembangunan Masjid Agung Kota Bogor diklaim sudah rampung 91 persen. Dengan deviasi positif sekitar 3,4 persen.

Untuk pemasangan atap, sambung Bima, perlu enamel sebanyak 14.800 buah dan baru terkirim 9.700 buah. Sehingga masih ada sekitar 5.000 buah enamel yang belum dikirim dari produsen yang disanggupi untuk dipenuhi dalam empat hari ke depan.

Ketika enamel tersebut tiba, bisa segera dipasang di atap masjid. Sehingga, ia berharap pada awal Maret pekerjaan untuk tahun anggaran 2021 bisa rampung dan kembali dilanjut pada alokasi tahun anggaran 2022 pada Maret atau April.

“Saat ini sudah jalan (tender) untuk konsultan pengawasnya. Jadi Maret atau April nanti sudah mulai pekerjaan lagi. Meliputi interior, lantai dan tangga masuk. Itu selesai, baru 2023 dilanjut lagi untuk finishing, eksterior dan lainnya. Jadi akhir tahun ini ditargetkan bisa dipakai kembali untuk beribadah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi membenarkan adanya perpanjangan kedua hingga Maret 2022.

Jika dikalkulasi, jumlah denda sebagai konsekuensi perpanjangan pekerjaan pun bertambah. Jika menghitung denda satu per mil dari nilai kontrak, denda perpanjangan pertama mencapai Rp 1,5 miliar.

“Dengan perpanjangan kedua, maka jumlah denda juga bertambah. Kalau sampai batas akhir (perpanjangan kedua), jumlah dendanya bisa mencapai Rp 2 miliar,” paparnya.

Disinggung soal kendala pekerjaan, ia juga membenarkan ada force majeure terkait produksi di material karena semua impor dan cutting di workshop di Balaraja. Namun menurutnya proses cutting sudah selesai dan bisa dilanjutkan pada finishing pengecatan, dan dikirim ke proyek Masjid Agung.

Selain itu, pihaknya terus memonitor pelaksaan setiap hari dan berharap pekerjaan bisa selesai Maret nanti. “Sudah tiga shift. Kita awasi tiap hari,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement