Rabu 16 Feb 2022 18:24 WIB

Mandalika akan Diaspal Ulang, Balapan tak akan Mundur dari Jadwal

Sekitar 17,5 persen dari total panjang lintasan sirkuit Mandalika akan diaspal ulang.

Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). MGPA akan melakukan pengaspalan ulang sebagian lintasan Sirkuit Mandalika, sebulan jelang balapan yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022.
Foto:

Novel menyampaikan, pengaspalan ulang hanya dilakukan di sejumlah titik trek yang bermasalah. Novel menyampaikan, pengaspalan ulang akan dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 kilometer tersebut.

"(Pengaspalan ulang) sebagian saja, 17,5 persen dari total lintasan, tidak semua lintasan. Kita akan melakukan pengupasan pelapis aspal teratas sekitar 5 cm, lalu kita bersihkan untuk aspal ulang," ujar Novel.

Novel menyampaikan, perusahaan telah mulai mengirimkan peralatan dan material untuk memperbaiki lintasan sejak Selasa (15/2/2022). Sementara batu-batu pecah dari Palu telah dipersiapkan pada sore ini untuk dimuat dan diberangkatkan ke Lombok.

"Semua material sesuai standar FIM. Kita tidak akan mengubah atau mengganti spesifikasi. Harapannya minggu depan kami sudah bisa mulai kerjakan di lapangan," katanya.

PP, Novel menyebut, menargetkan pengerjaan perbaikan lintasan akan dilakukan sesegera mungkin agar siap digunakan saat balapan pada 18 Maret 2022.

"Keyakinan kami selesai satu minggu sebelum 18 Maret 2022, insya Allah bisa kita selesaikan. Kami bekerja 24 jam dan memastikan sesuai jadwal dan standar yang dibutuhkan," kata Novel menambahkan.

Adapun, holding BUMN pariwisata dan pendukung atau InJourney memastikan penyelengaraan MotoGP Mandalika tetap seusai jadwal pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022. Direktur Pemasaran InJourney Maya Watono mengatakan, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan melakukan perbaikan terhadap kondisi sirkuit, fasilitas pendukung, akomodasi, dan teknis penyelenggaraan MotoGP yang akan berlangsung pada Maret mendatang.

"Pasti akan jalan (sesuai jadwal) dan kita tentu akan siap. Semua kita kerahkan agar terpenuhi sesuai standar," ujar Maya, Rabu.

Maya menyampaikan, ajang pramusim yang digelar beberapa waktu lalu berjalan dengan cukup baik dan mendapatkan respons positif dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Dorna Sports, dan para pembalap.

"Responsnya sangat positif. Pembalap sangat suka dengan keindahan trek yang menjadi salah satu trek terindah di dunia. Untuk area run-off juga dinilai positif sesuai dengan standar safety," ujar Maya.

Maya menyebut, ajang pramusim juga menjadi bahan evaluasi bagi ITDC dalam menghadapi gelaran balap yang sesungguhnya pada Maret. Maya menilai sejumlah perbaikan akan terus dilakukan agar penyelenggaraan MotoGP bisa berjalan optimal.

"Tentu ada catatan dari FIM dan Dorna yang sangat serius. Kita juga menindaklanjuti dengan serius. Kita mengerjakan perbaikan dengan spesifikasi terbaik yang sesuai standar," ujar Maya.

 

In Picture: Hari Kedua Tes Pramusim Motogp 2022

photo
Kru tim Tech 3 KTM Factory Racing menyiapkan papan informasi pit board bagi pembalapnya Raul Fernandez pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). - (ANTARA/Andika Wahyu)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement