Senin 14 Feb 2022 11:04 WIB

Polisi: Tak Ada Penutupan Jalan Selama Presidensi G20 Finance Meeting 2022

Penutupan arus akan dilakukan hanya pada saat kontingen delegasi melintas.

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
Foto: Dok Polda Metro
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditlantas Polda Metro Jaya menjamin tidak ada penutupan ruas jalan selama acara Presidensi G20 Finance Meeting 2022 di Jakarta yang berlangsung mulai Selasa (15/2). Namun penutupan arus akan dilakukan hanya pada saat kontingen delegasi melintas.

"Jadi terkait akomodasi dan lokasi acara berdekatan kami tidak melakukan penutupan jalur," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, usia apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (14/2).

Baca Juga

Maka dengan demikian, kata Sambodo, lokasi yang menjadi tempat kegiatan seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Pemuda kemudian seputaran Gelora Bung Karno (GBK) masih bisa dilalui masyarakat. Sementara para delegasi akan menginap di Hotel Fairmont dan Hotel Mulia.  "Termasuk rute pengamanan sepanjang jalan sepanjang tol itu juga tidak dilakukan penutupan hanya dilakukan prioritas saat delegasi melintas," jelas Sambodo.

Sambodo melanjutkan, pihak kepolisian juga akan dikerahkan untuk pengawalan baik dari bandara saat para delegasi datang. Selain itu pengamanan dilakukan di Plaza JCC yang merupakan venue kegiatan Presidensi G20, serta Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai tempat gala dinner.

Sementara itu, sebanyak 547 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi (Provinsi) DKI Jakarta dikerahkan untuk mengamankan Presidensi G20 Finance Meeting 2022 yang diselenggarakan di DKI Jakarta pada Senin (14/2) pagi. Sebanyak 19 negara dan belasan organisasi internasional mengikuti kegiatan Presidensi G20 Finance Meeting 2022."Guna mendukung berjalannya kegiatan tersebut pada hari ini Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemrov DKI Jakarta menggelar pengamanan presidensi G-20 Finance Meeting 2022, yang melibatkan pengamanan 547 personel polri dan TNI serta Pemda DKI Jakarta," ujar Wakapolda Metro Jaya, Brigjen. Pol. Hendro Pandowo.

Dalam kesempatan itu, Hendro  saat membacakan amanat Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya, Senin (14/2). Dalam rangkaian kegiatan itu, kata Hendro, pihaknya akan melakukan pengamanan di 26 objek mulai dari pengamanan jalur hingga pengamanan tempat kegiatan itu digelar.

"26 objek pengamanan mulai dari pengamanan jalur, pengamanan tempat tinggal peserta, pengamanan area gedung JCC senayan, luar gedung JCC Senayan, pintu masuk senayan serta beberapa obyek pengamanan lainnya," jelas Hendro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement