Senin 14 Feb 2022 05:56 WIB

Skenario Terburuk: Sedang Isoman, Nakes akan Diperbantukan untuk Layani Telemedisin

Kemenkes susun langkah antisipasi skenario terburuk yang mungkin dialami nakes.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Penampilan teaterikal yang menggambarkan perjuangan tenaga kesehatan dalam mengangani Covid-19 saat peresmian Monumen Pahlawan Covid-19, di Jalan Surapati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021). Kemenkes sedang menyusun langkah antisipasi terhadap skenario terburuk yang mungkin dialami tenaga kesehatan (nakes) saat gelombang pasang kasus omicron melanda Indonesia.
Foto:

Selain itu, demi menekan kasus kematian menjadi lebih banyak lagi, Kemenkes telah menetapkan kebijakan agar hanya masyarakat yang bergejala sedang hingga kritis atau yang memiliki komorbid saja yang dirawat di rumah sakit. Dengan begitu pasien OTG atau yang bergejala ringan diimbau untuk isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat di tempat-tempat yang disediakan pemerintah, seperti di RSDC Wisma Atlet, Rusun Nagrak, Ngawi, dan Pasar Rumput di Jakarta.

Dalam masa isoman maupun isoter, Kemenkes memberikan layanan konsultasi kesehatan secara gratis baik melalui platform telemedisin maupun dari petugas kesehatan yang ada di puskesmas. Kemenkes juga menyediakan paket obat dan multivitamin bagi pasien isoman dan isoter secara gratis agar segera pulih.

Nadia juga mengimbau agar memperkuat penerapan protokol kesehatan untuk menjaga diri dari tertular Covid-19. Masyarakat diserukan melengkapi vaksinasi Covid-19 dan vaksinasi booster apabila sudah saatnya menerima booster.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement