Rabu 09 Feb 2022 12:52 WIB

Mantan Menteri Pendidikan Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Mantan Mendiknas ini meninggal pukul 10.15 WIB di RS di Purwokerto.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun
Foto: icfresno.org
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka muncul dari mantan Menteri Pendidikan Nasional era Presiden Gus Dur,  Dr Yahya A Muhaimin, Rabu (9/2/2022). Mendiknas era Kabinet Persatuan Nasional ini meninggal pukul 10.15 WIB di RS di Purwokerto.

Pihak keluarga almarhum, Arif Budiman mengonfirmasi kebenaran kabar duka tersebut. "Iya benar mas, meninggalnya Rabu pagi pukul 10.15 WIB di Purwokerto," katanya kepada wartawan.

Baca Juga

Sebelumnya juga beredar di grup WhatsApp terkait kabar duka meninggalnya mantan Mendiknas Yahya Muhaimin. "Assalamualaikum. Wr Wb. Innalilahi wa innailaihi rojiuun. Kabar duka. Telah wafat pak de kami, Bapak Prof H Yahya A Muhaimin Rektor Universitas Peradaban/mantan menteri pendidikan era Gus Dur. Hari Rabu 9 February 2022 jam 10.15 WIB di Purwokerto. Rencana pemakaman sore ini di Pengempon. Mohon maaf dan doa. Billahi taufik wal hidayah, Waalaikumsalam Wr. Wb," bunyi pesan tersebut.

Sosok mantan Mendiknas Yahya Muhaimin lahir pada 17 Mei 1943. Ia meraih gelar sarjana pada 1971 dari Universitas Gadjah Mada dan gelar doktor dari Massachusetts Institute of Technology pada 1982. Sebelum diangkat menjadi menteri, ia adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Ia menikah dengan Choifah yang kini jadi ibu empat anaknya. Ia juga menjadi kolumnis untuk beberapa majalah dan surat kabar. Selain itu ia juga menulis buku Masalah-Masalah Pembangunan Politik (1977) dan Perkembangan Militer dalam Politik di Indonesia (1982, revisi), keduanya diterbitkan oleh Gadjah Mada Press.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement