Selasa 08 Feb 2022 23:09 WIB

Satgas: Ada 17 orang Pasien Probable Omicron di RSKI Pulau Galang

Hingga Selasa, total pasien Covid-19 di RSKI Pulau Galang mencapai 239 orang.

Petugas mendata pasien COVID-19 (ilustrasi).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Petugas mendata pasien COVID-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PINANG -- Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pekerja Migran Indonesia (PMI) menyampaikan pasien Covid-19 yang dirawat di RSKI Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau mencapai 239 orang hingga Selasa (8/2). Sebanyak 17 pasien di antaranya tercatat probable omicron.

"Pasien yang ada saat ini terdiri dari 57 orang PMI, 178 orang warga Batam dan empat pasien lainnya adalah WNA," kata Komandan Satgassus PMI Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.

Baca Juga

Dari jumlah tersebut, sebanyak 155 orang pasien berjenis kelamin laki-laki dan 84 sisanya merupakan pasien perempuan. "Terjadi penambahan pasien penghuni yang masuk ke RSKI Pulau Galang sehari sebelumnya, yaitu 32 orang warga Batam serta 1 orang WNA. Namun demikian, tercatat dua orang pasien dari Batam yang memperoleh penanganan, telah diizinkan pulang dan kembali ke kediamannya masing-masing," katanya.

Dansatgassus menyebut, kondisi okupansi RSKI Pulau Galang sudah mencapai 51,96 persen dari total kapasitas tempat tidur sebanyak 460 unit yang tersedia. Kendati begitu, menurutnya, secara umum RSKI Pulau Galang dalam keadaan aman dan terkendali serta tidak terjadi hal menonjol lainnya.

Ia mengimbau semua pihak waspada menghadapi gelombang penyebaran varian omicron dengan mengutamakan percepatan vaksinasi. Semua pihak harus kembali meningkatkan disiplin protokol kesehatan, terutama tentang penggunaan masker oleh seluruh masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari.

"Ini diharapkan dapat mencegah, bahkan melawan penyebaran gelombang omicron yang diperkirakan akan terjadi dalam 3 hingga 4 pekan ke depan," kata Dansatgassus PMI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement