Senin 07 Feb 2022 21:21 WIB

BSSN: Perlu Kolaborasi dan Inovasi Hadapi Tantangan Keamanan Siber

Kolaborasi keamanan siber nasional jadi kunci utama membangun ruang siber yang aman.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengingatkan perlu upaya bersama dalam membangun dan memajukan industri keamanan siber nasional.
Foto:

Sementara itu, Deputi VII Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsda TNI Arif Mustofa, mengatakan, selain darat, laut, dan udara, ruang siber merupakan ranah baru di bidang pertahanan dan keamanan yang kritikal terhadap kedaulatan negara. Kolaborasi antarpemangku kepentingan sangat diperlukan untuk membangun benteng keamanan siber yang kuat agar dapat menghadapi ancaman yang ada.

"Karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan menyambut baik berbagai inisiatif termasuk berbagi pengetahuan dalam gelaran CyberHub Fest 2022 ini, serta segala bentuk kolaborasi lain yang bermanfaat untuk penguatan keamanan siber Indonesia," katanya.

Sementara itu, Director of Cybersecurity and Crypto Strategi BSSN, Sulistyo, mengatakan bahwa optimalisasi kerangka kerja berupa standar-standar keamanan tertinggi dalam bidang keamanan siber yang digagas dan disepakati secara global harus mengedepankan kepentingan nasional. Dalam implementasinya, pemerintah dapat berkolaborasi dengan pelaku industri untuk mendukung Strategi Keamanan Siber Nasional.

"CyberHub Fest 2022 yang didukung oleh Huawei sangatlah penting dan bermanfaat sebagai salah satu bentuk kolaborasi antara Pemerintah dan swasta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement