Senin 07 Feb 2022 21:14 WIB

Warga Diimbau tak Paksakan Isoman di Rumah

Pemkot Jakut Siapkan Lokasi isoter berkapasitas 400 tempat tidur.

GOR Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang sering dipakai sebagai lokasi vaksinasi kini dialihfungsikan sebagai fasilitas isolasi terpadu atau isoter.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
GOR Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang sering dipakai sebagai lokasi vaksinasi kini dialihfungsikan sebagai fasilitas isolasi terpadu atau isoter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengimbau warga positif Covid-19 untuk tidak memaksakan diri melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Pemerintah telah menyediakan lokasi isolasi memadai dan terkendali di kawasan itu.

"Terlebih jika tempat tinggalnya tidak representatif atau tidak memadai," ujar Ali, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Menurut Ali, prosedur rujukan orang dengan konfirmasi Covid-19 ke lokasi isolasi terkendali sudah diatur dalam Keputusan Gubernur Nomor 891 Tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Isolasi dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019. Pada bagian lampiran II, Kepgub Nomor 891 Tahun 2021 itu ditunjukkan bahwa persyaratan administrasi untuk rujukan ke lokasi isolasi ada tiga, yaitu surat rujukan Puskesmas, hasil laboratorium (PCR) positif dan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan Domisili dari RT/RW/Lurah.

Setelah itu dilengkapi, dibawa ke petugas untuk diedukasi tentang prosedur menjalani isolasi. Jika individu/masyarakat bersedia dirujuk, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat melakukan rujukan ke lokasi isolasi yang telah ditetapkan.

Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah menyiapkan lokasi isolasi terkendali dengan kapasitas 400 tempat tidur di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tanjung Priok sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Kami berharap lokasi isolasi terkendali ini tidak terpakai oleh masyarakat, namun jika angka penularan Covid-19 tinggi setidaknya kita sudah bersiap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata Ali.

Ia mengatakan GOR Tanjung Priok yang berlokasi di belakang Sunter Mall itu sudah dicek sarana dan prasarananya oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara dan dinilai cukup representatif untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. "Di sini sudah dapat dilihat ada sebanyak 400 tempat tidur, 100 di lantai dasar dan 300 di lantai dua. Kami sudah mengecek kesiapan lokasi isolasi terkendali tingkat kota yang letaknya di GOR Tanjung Priok, Sunter Agung, Tanjung Priok," kata Ali.

Lokasi isolasi terkendali Jakarta Utara di GOR Tanjung Priok memiliki ruang perawatan untuk laki-laki serta ibu dan anak yang terpisah. Sementara, pemisahan ruangan masih dilakukan dengan cara penyekatan partisi di lantai dasar.

Namun jika terjadi ledakan kasus, nantinya lantai dasar diperuntukkan hanya untuk ibu dan anak, sedangkan untuk para laki-laki akan dipindah ke lantai dua. "Kelengkapan seperti toilet dan lainnya juga sudah dicek oleh Suku Dinas Olahraga Jakarta Utara termasuk dengan makan tiga kali sehari yang akan disiapkan Suku Dinas Sosial Jakarta Utara," ujar Ali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement