Senin 07 Feb 2022 07:11 WIB

Erick Thohir: Presidensi G20 Bukti Indonesia Dipercaya

Indonesia jadi negara berkembang pertama yang memimpin G20.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
G20 Presidency of Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presidensi KTT G20 pada 2022 merupakan bukti kepercayaan negara-negara lain kepada Indonesia.
Foto: g20-indonesia.id
G20 Presidency of Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presidensi KTT G20 pada 2022 merupakan bukti kepercayaan negara-negara lain kepada Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presidensi KTT G20 pada 2022 merupakan bukti kepercayaan negara-negara lain bahwa Indonesia sudah layak menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang seimbang.

"Kita dijadikan tuan rumah G20 karena negara-negara lain percaya, dan ini harus diambil kesempatannya, bahwa Indonesia sudah layak menjadi pertumbuhan daripada ekonomi dunia yang seimbang," kata Erick Thohir dalam seminar nasional di Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah sebagaimana diikuti secara daring dari Jakarta, Ahad (6/2/2022).

Baca Juga

Menurut Erick, Indonesia merupakan negara yang kaya dan akan semakin kaya sehingga keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan hidup harus dijaga. Keseimbangan itu harus terjadi, karena teknologi yang baik adalah teknologi yang mendekatkan dirinya dengan alam.

Untuk itu, Erick berharap generasi muda Indonesia juga harus berpikir terbuka. Karena tidak mungkin pelestarian dan menjaga lingkungan hidup bisa terjadi kalau perut manusia lapar. "Karena itu keseimbangan ini menjadi sangat penting, dan kami di BUMN serta saya yakin di pemerintahan bapak Presiden RI Joko Widodo sangat mendorong keseimbangan ini," ujar Erick.

Pada G20 2022, Indonesia memiliki momen penting karena selain pertama kalinya menjadi tuan rumah untuk ajang bergengsi ini. Indonesia juga menjadi negara berkembang pertama yang memimpin perkumpulan negara-negara yang akan berdampak pada kebijakan ekonomi dan sosial secara global itu.

Puncak G20 akan berlangsung di Bali tepatnya lewat KTT G20 pada Oktober 2022.Presidensi G20 Indonesia mengusung tiga isu utama berupa transisi energi berkelanjutan, sistem kesehatan dunia, serta transformasi ekonomi dan digital. Sebagai salah satu dari tiga pilar utama Presidensi G20 Indonesia, Forum Transisi Energi dalam format Energy Transitions Working Group (ETWG) berfokus kepada tiga prioritas, yaitu akses, teknologi, dan pendanaan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement