Kamis 03 Feb 2022 18:45 WIB

ECOTON Ungkap Dampak Limbah Alat Tes Antigen Terhadap Perairan

Limbah medis dari alat tes antigen ditemukan di Selat Bali.

Tes antigen (Ilustrasi). Limbah medis dari alat bekas tes antigen ditemukan di Selat Bali, Bali, belum lama ini.
Foto:

Limbah medis berupa sampah kit tes antigen ditemukan di sepanjang pantai di Selat Bali. Video temuan limbah itu menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir.

Video pertama berdurasi 30 detik memperlihatkan ribuan cotton buds bekas tes antigen mengambang di Selat Bali. Video kedua menunjukkan beberapa kit tes antigen dibuang dan dibakar di pinggir pantai Selat Bali.

Isu limbah medis juga menjadi sorotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang memperingatkan bahwa puluhan ton limbah medis terdiri dari bekas jarum suntik, alat uji, dan botol bekas vaksin selama pandemi mengancam kesehatan manusia dan lingkungan. Laporan WHO yang dirilis pada Selasa lalu (1/2/2022) menjelaskan bahwa diperkirakan sekitar 87 ribu ton alat pelindung diri (APD) telah dipesan melalui portal PBB hingga November 2021.

Sebagian besar APD itu diperkirakan akan berakhir sebagai limbah. Laporan itu juga menyebutkan 140 juta alat uji berpotensi menghasilkan 2.600 ton sampah non-infeksius dan kebanyakan berbahan plastik serta 731.000 liter limbah kimia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement