Kamis 03 Feb 2022 18:45 WIB

ECOTON Ungkap Dampak Limbah Alat Tes Antigen Terhadap Perairan

Limbah medis dari alat tes antigen ditemukan di Selat Bali.

Tes antigen (Ilustrasi). Limbah medis dari alat bekas tes antigen ditemukan di Selat Bali, Bali, belum lama ini.
Foto: Antara/Fauzan
Tes antigen (Ilustrasi). Limbah medis dari alat bekas tes antigen ditemukan di Selat Bali, Bali, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer Riset dan Pengembangan Program Ecological Observation and Wetland Conservation (ECOTON) Daru Setyorini mengungkapkan, alat tes antigen yang dibuang sembarangan dapat berdampak negatif terhadap lingkungan perairan Selat Bali. Ia mengatakan, bahan kimia yang digunakan dalam tes antigen dapat mengontaminasi lingkungan sekitar tempat limbah medis itu ditemukan.

"Yang kedua dari sampah plastiknya kalau dibuang ke lingkungan bisa lama-lama terurai menjadi mikroplastik, juga bahan kimia plastiknya terlarut dalam perairan sekitar," ujar Daru ketika dihubungi Antara dari Jakarta pada Kamis (3/2/2022).

Baca Juga

Menurut Daru, hal itu perlu menjadi perhatian karena plastik kebanyakan dibuat dari bahan kimia sintetis yang dapat bersifat racun, termasuk Bisphenol-A (BPA) yang dapat memengaruhi kesehatan. Tidak hanya itu, degradasi itu bisa juga berpengaruh terhadap ekosistem, termasuk ikan dan burung.

"Ketika test pack ini lama-lama terdegradasi menjadi serpihan yang lebih kecil, dia akan semakin menyebar ke laut," jelasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement