Rabu 26 Jan 2022 21:37 WIB

Jelang Imlek, Dupalo Alami Kenaikan Permintaan Dupa

Produsen Dupalo alami kenaikan permintaan 20 persen jelang Imlek.

Klenteng Poncowinatan, Yogyakarta. Jelang Imlek, permintaan dupa lidi meningkat.
Foto:

Persiapan Imlek

Kelenteng Eng An Kiong yang berusia 197 tahun dan terletak di Kota Malang, Jawa Timur, bersiap untuk menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022. Wakil Ketua Yayasan Kelenteng Eng An Kiong, Herman Subianto, mengatakan, salah satu persiapan menyambut Imlek ialah menggelar upacara Sung Sien atau mengantar roh suci.

"Pada tanggal 24 bulan 12, kami melakukan sembahyang terakhir untuk mengantarkan para dewa ke Tuhan Yang Maha Esa untuk melapor insani, perbuatannya, kebajikannya, yang kami namakan Sung Sien," kata dia di Kota Malang, Rabu.

Herman menjelaskan, setelah melakukan ritual sembahyang terakhir tersebut, satu per satu patung dewa di kelenteng yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya tersebut, diturunkan dari altar. Setelah itu, secara bergantian, patung-patung dewa tersebut dibersihkan dengan disiram air sabun.

Setelah bersih, patung-patung tersebut kemudian kembali disiram dengan menggunakan air kembang tujuh rupa.  Ada 28 patung dewa-dewi di kelenteng Eng An Kiong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement