Rabu 26 Jan 2022 11:14 WIB

Kabar Baik dari Wiku Vs Mulai Merajalelanya Omicron Via Transmisi Lokal

Menurut Wiku, RI berhasil lewati libur Nataru tanpa kenaikan signifikan kasus Covid.

Pelajar menjalani tes usap antigen di SMP Assalaam, Jalan Sasak Gantung, Regol, Kota Bandung, Selasa (25/1/2022). Menurut Kemenkes, varian Omicron saat ini mulai menular lewat trasmisi lokal.
Foto:

Sebelumnya, epidemiolog Universitas Andalas, Defriman Djafri, meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah tak lalai dalam mengantisipasi ancaman varian Omicron. Menurut Defriman, pemerintah sudah harus waspada dalam melakukan mitigasi karena sudah banyak belajar selama lebih kurang 2 tahun pandemi Covid-19.

"Jangan nanti semuanya serba mendesak. Karena tidak cepat mewaspadai secara dini," kata Defriman, Rabu (19/1/2022).

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand itu mengingatkan lagi saat kasus Covid-29 memuncak pada 2020 dan 2021 lalu, rumah sakit penuh, tenaga kesehatan bertumbangan. Hal itu, menurut Defriman, terjadi karena keterlambatan melakukan deteksi dan mengambil kebijakan.

"Kita harus cepat  mengidentifikasi. Dan kasus-kasus yang teridentifikasi benar-benar harus dikarantina secara ketat.  Mempertimbangkan penularan Omicron yang lebih cepat dari varian yang lain," kata Defriman.

Baca juga : Satgas Covid Klaim Covid-19 Terkendali Pasca-Libur Nataru

Adapun, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menilai, kenaikan kasus Covid-19 akibat penularan cepat varian Omicron membuktikan upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah berjalan tidak efektif. Menurut dia, lonjakan kasus Covid-19 diperparah oleh tidak efektifnya mekanisme skrining di pintu-pintu masuk Tanah Air.

"Masalahnya, pintu masuk kita sangat rapuh sehingga terjadi rembesan kasus cukup cepat di level komunitas. Artinya tidak butuh ribuan orang berpindah, cukup satu orang dengan Omicron dan tidak berhasil dideteksi dan di-containment, ya kacau balau satu negara," papar Masdalina, pekan lalu.

 

In Picture: Kasus Omicron Melonjak, Vaksinasi Booster Covid-19 Dikebut

photo
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster COVID-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kebut program vaksinasi booster atau dosis ketiga di wilayah Jabodetabek setelah mendeteksi adanya lonjakan kasus Omicron di Indonesia. - (ANTARA/Galih Pradipta)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement