Sabtu 22 Jan 2022 05:21 WIB

Ada Potensi Gempa M 8,7-Tsunami 20 M, BMKG Ingatkan Warga Selat Sunda Beradaptasi

BMKG ingatkan warga beradaptasi agar fenomena alam Selat Sunda tak jadi bencana.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,7 yang terjadi di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten pada Jumat (14/01/2022) kemarin, menyebabkan sejumlah pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan. BMKG menyerukan masyarakat untuk beradaptasi agar kesiapsiagaan meningkat di tengah potensi fenomena alam di Selat Sunda.
Foto:

Dibandingkan dengan gempa di Malang M6,0, karakter gempa Banten terbilang merusak. Sebab, gempa terjadi selama lebih dari 12 detik dan menurut pengalaman di lapangan, itu menyebabkan 3.000 lebih rumah rusak.

Gempa Banten tidak menghasilkan tsunami. Itu karena energinya tidak cukup kuat untuk menghasilkan deformasi signifikan di permukaan bawah laut.

"Gempa selatan Banten, menurut BMKG, terjadi di zona subduksi, masih kita diskusikan lagi di zona interplate atau transisi, karena selain kedalamannya menengah, karakternya antara keduanya," jelas Ramdhan.

Hasil perubahan tegangan Coloumb dan sebaran aftershock menunjukkan rambatan rupture ke arah vertikal. BMKG telah mendiseminasikan peringatan dini gempa lima menit sebelum kejadian, dan memperbarui perubahan magnitudo berdasarkan data gempa yang diolah secara sistematik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement