Rabu 19 Jan 2022 16:54 WIB

Utak-Atik Aturan Seleksi Agar Guru Honorer Lolos PPPK

Pemerintah tidak membuka formasi CPNS 2022, hanya menerima PPPK.

Rep: Ronggo Astungkoro, Febryan A/ Red: Agus raharjo
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Raker tersebut membahas tindak lanjut Panitia Kerja (Panja) Pengangkatan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) honorer menjadi ASN serta memnbahas isu-isu strategis seperti kurikulum, pengangkatan Kepala Sekolah, dan Permendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM).
Foto:

Setop CPNS

Sementara, pemerintah menegaskan, tidak akan membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2022. Tahun ini, pemerintah hanya membuka formasi untuk PPPK dalam Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2022. Formasi yang dibuka untuk PPPK ini fokus pada tiga sektor.

"Seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

Keputusan untuk hanya merekrut PPPK dan kebutuhan formasinya termaktub dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022.  Tjahjo menambahkan, ke depan akan ada aturan yang mengatur secara spesifik jabatan yang bisa diisi PNS dan PPPK. Kebijakan itu kini sedang digodok.

Tjahjo menjelaskan, kebijakan fokus merekrut PPPK ini berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan beberapa negara maju. Kebijakan tersebut adalah jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit dibanding jumlah government worker/public services (PPPK).

“Mengacu kepada contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” ujar Tjahjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement