Rabu 12 Jan 2022 20:00 WIB

BRIN: RT-LAMP Bisa Menjadi Metode Selain PCR untuk Deteksi Covid-19

Peneliti BRIN menyebut akurasi RT-LAMP dapat ditingkatkan setara dengan RT-PCR.

Kit tes PCR Covid-19. BRIN mengembangkan RT-LAMP (reverse transcription loop mediated isothermal amplification) yang dapat menjadi metode alternatif pengganti Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid-19.
Foto:

Pada awal pandemi Covid-19, Tjandrawati dan tim berinisiatif untuk mengembangkan sistem alternatif untuk melakukan skrining dan deteksi RNA virus SARS-CoV-2. Pada saat itu, kebutuhan untuk mendeteksi virus adalah dengan menggunakan PCR.

Sementara alat PCR yang ada di Indonesia sangat terbatas dan hanya terdapat di laboratorium besar. Selain itu, reagen yang digunakan untuk uji PCR merupakan produk impor.

"Hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir, varian-varian baru bermunculan, sehingga memotivasi kami dari BRIN untuk terus melakukan riset, berkontribusi dalam pengendalian pandemi, dan mendukung program Pemerintah 3T (tracing, testing, dan treatment)," ujarnya.

Untuk meningkatkan kemampuan pengujian, Tjandrawati dan tim mengusulkan inovasi baru, yaitu metode RT LAMP yang mampu mendeteksi secara spesifik material genetik dari virus SARS-CoV-2. Ia berharap RT-LAMP dapat diaplikasikan di masyarakat dengan jangkauan lebih luas, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam peningkatan kapasitas pengujian secara nasional.

Selain itu, hasil deteksi COVID-19 dengan RT-LAMP diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dokumen persyaratan perjalanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement