Selasa 04 Jan 2022 19:58 WIB

Uji Klinis Dosis Booster Vaksin Covid-19 Kelar, Satgas: Tidak Ada Indikasi KIPI

Tak ada indikasi KIPI berat yang ditemukan dalam uji klinis pemberian dosis booster.

Sejumlah warga menunggu giliran untuk menjalani vaksinasi Covid-19 di Taman Dewi Sartika, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa (4/1). Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster pada 12 Januari 2022 mendatang. Vaksinasi booster tersebut diberikan kepada 244 kabupaten/kota yang capaian vaksinasi telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.
Foto:

Wiku menyebut, vaksinasi dosis penguat digulirkan setelah ada rekomendasi resmi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait jensi vaksinnya. Ada 21 juta warga yang menjadi sasaran dosis booster vaksin Covid-19.

"Dosis ketiga ini nantinya akan terlebih dahulu diberikan kepada populasi berusia lebih dari 18 tahun dan berdomisili di kabupaten kota yang telah memenuhi cakupan vaksin dosis pertama kepada minimal 70 persen penduduk dan vaksin dosis kedua kepada minimal 60 persen jumlah penduduk," kata Wiku.

Secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis penguat antibodi pada 12 Januari 2022 berlaku untuk yang gratis maupun berbayar. Dosis booster diberikan kepada secara gratis melalui subsidi pemerintah kepada masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI), khususnya kalangan lansia.

"Yang pasti, target pemerintah adalah vaksinasi kepada lansia sebagai kelompok yang rentan masuk rumah sakit saat terpapar dan juga bergejala berat, bahkan meninggal," kata Nadia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement