Kamis 30 Dec 2021 05:09 WIB

Wali Kota dan Bupati Paling Sering Diberitakan Versi Survei I2

Survei I2 menyebut 10 wali kota dan bupati paling sering diberitakan.

Wali Kota dan Bupati Paling Sering Diberitakan Versi Survei I2. Foto: kepala daerah (Ilustrasi)
Foto:

Bupati  Terpegah

Pada aktor tingkat bupati, Indonesia Indicator (I2) menobatkan Bupati Bogor Ade Yasin sebagai yang Terpegah dan Paling Berpengaruh sepanjang 2021. Nama Ade Yasin menghias media dalam 13.901 berita. Tak hanya itu, media online juga mengutip pernyataan Ade sebanyak 45.088 pernyataan terutama terkait isu Covid-19.

“Ekspose media online terkait AdeYasin antara lain mengenai level dan implementasi PPKM di Kabupaten Bogor serta proses vaksinasi Covid-19. Selain itu, ada juga mengenai bencana banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor dan UMK Bogor 2022,” kata Rustika.

Posisi kedua Bupati Terpegah diduduki Bupati Jember Hendy Siswanto dengan 7.329 berita. Sosok Hendy banyak dibicarakan soal infrastruktur seperti memberikan fasilitas jalan yang layak untuk warganya, memperhatikan sektor pariwisata, hingga isu menyerahkan gajinya selama menjabat untuk warganya membutuhkan.

Bupati Siak  Alfedri menempati posisi ketiga Bupati Terpegah dengan  6.835 berita. “Alfedri banyak diberitakan dalam isu vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Siak dan pelantikannya sebagai Bupati Siak periode 2021-2024,” ungkap Rustika.

Peringkat keempat Bupati Terpegah ditempati Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yadi dengan 6.225 berita. Peringkat kelima hingga sepuluh masing-masing ditempati oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Tanah Datar  Eka Putra 5.844 berita, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar 5.627 berita,  Bupati  Serdang Bedagai Darma Wijaya 5.627 berita, Bupati Luwu Indah Putri Indriani 5.543 berita dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dengan jumlah pemberitaan sebanyak 5.154. “Kepedulian mereka dalam penanganan Covid-19, dan terutama dalam isu target vaksinasi paling banyak menyita perhatian media di daerah masing-masing,” kata Rustika.

Berpengaruh

Selain Ade Yasin yang menempati posisi Bupati Paling Berpengaruh 2021, Indonesia Indicator juga mendapuk Bupati Jember Hendy Siswanto berada di posisi kedua dengan 28.809 pernyataan. Selanjutnya ada nama Alfedri 21.480 pernyataan di posisi ketiga,  Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bertengger di posisi keempat dengan  21.254 pernyataan serta Adnan Purichta Ichsan 21.254 pernyataan di posisi kelima. 

Peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing diduduki Bupati Kudus HM Hartopo dengan 17.982 pernyataan, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya 17.977 pernyataan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani 17.974 pernyataan, Bupati Wajo Amran Mahmud 17.671 pernyataan, serta Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, 17.270 pernyataan. 

Di masa seperti sekarang ini, aktivitas di media dan media sosial menjadi cukup penting. Setidaknya bisa menjadi jembatan langsung antara masyarakat dan bupati/walikota. Para pejabat bisa memahami apa yang terjadi di masyarakat dan lebih mendekatkan pada masyarakat yang selama ini telah memilihnya sebagai pemimpin di daerahnya. Mereka juga bisa menggunakan media, dan khususnya media sosial untuk mensosialisasikan berbagai kebijakannya. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement