Senin 27 Dec 2021 19:31 WIB

Penderma.id Pasang Mesin Filtrasi di Ponpes Sirojul Huda

Para santri banyak minum langsung dari air kran yang secara kesehatan kurang bagus.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
 Tim Penderma.id mengunjungi Pondok Pesantren Sirojul Huda di Bogor untuk memasang Mesin Filtrasi Air Minum, pada Ahad (27/12).
Foto: Istimewa
Tim Penderma.id mengunjungi Pondok Pesantren Sirojul Huda di Bogor untuk memasang Mesin Filtrasi Air Minum, pada Ahad (27/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang akhir 2021, banyak orang sudah mempersiapkan agenda menghabiskan tahun baru bersama keluarga maupun kerabat. Momen semangat akhir tahun ini juga dimanfaatkan oleh tim Penderma.id untuk tetap menjalankan program kebaikan.

Menurut Chief Marketing Officer Penderma.id, Widya Noviyanti, tim Penderma.id mengunjungi Pondok Pesantren Sirojul Huda di Bogor untuk memasang Mesin Filtrasi Air Minum, pada Ahad (27/12). Sebelumnya, tim Penderma.id sudah melakukan survei terhadap Pesantren Sirojul Huda yang berlokasi di Bogor. 

Pesantren tersebut merupakan satu kawasan yang di dalamnya terdiri dari Pesantren, SMP, SMK dan Masjid. Pesantrennya sendiri di dalamnya terdapat 231 santri dengan 45 santri termasuk dhuafa. Serta terdapat asrama ikhwan dan akhwat. 

"Fokus kami ke sana adalah dalam rangka mengecek kondisi air. Setelah diperiksa, sumber air yang ada sudah cukup baik, tapi sistem pipanisasi dan toren ini masih belum efektif karena dipasang secara mandiri oleh para santri yang mungkin belum berpengalaman," ujar Widya, dalam siaran persnya, Senin (27/12).

 

Menurut Widya, fakta memprihatinkan di pesantren tersebut adalah ternyata para santri selama ini banyak minum air langsung dari air kran, yang secara kesehatan ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. 

"Kami bahkan melihat langsung salah satu santri yaitu Bukhari meminum langsung air dari keran. Ia mengaku sudah 4 tahun melakukannya," katanya.

Atas dasar survey tersebut, kata dia, tim Penderma.id memasang Mesin Filtrasi Air Minum. Pemasangan ini sepenuhnya di dukung oleh perwakilan dermawan dari Bogor yang secara kolektif berdonasi untuk kebutuhan Pondok Pesantren Sirojul Huda. 

Mesin Filtrasi Air Minum yang diproduksi oleh Penderma.id ini, kata Widya, merupakan mesin penyaring air yang sumber airnya bisa berasal dari manapun. Yakni, mulai dari air sumur, air keran, air PDAM ataupun sumber air lainnya. Air tersebut kemudian diolah melalui 7 tahap filtrasi sehingga air baku tadi menjadi layak untuk diminum. 

Menurutnya, mesin Filtrasi Air Minum yang ditempatkan di Pesantren Sirojul Huda ini merupakan mesin ke-22 yang sudah dipasang oleh Penderma.id selama tahun 2021. Mesin Filtrasi Air Minum sudah tersedia di banyak tempat seperti Masjid Pusdai Bandung, Masjid Besar Cipaganti, Masjid Al Lathiif, Masjid Agung Trans Studio Bandung, Masjid Lautze 2 Bandung, dan berbagai lokasi strategis lainnya. 

"Program Mesin Filtrasi Air Minum ini juga sebagai bentuk nyata pemberian akses air minum demi memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat secara gratis," katanya.

Pemasangan Mesin Filtrasi Air Minum diresmikan pada Ahad, 26 Desember 2021 tersebut, melalui seremoni yang melibatkan Penderma.id, Pengurus Pondok Pesantren Sirojul Huda, dan perwakilan dermawan. 

Terpasangnya 22 Mesin Filtrasi Air Minum ini, kata Widya, sekaligus memperkuat Visi Penderma.id  di tahun 2022 yang bercita-cita memasang lebih banyak lagi mesin tersebut di tempat strategis. "Maka dari itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal, mempromosikan dan membantu program Mesin Filtrasi Air Minum," katanya. 

Sementara menurut Ustadz Khudri selaku pengurus Pondok Pesantren Sirojul Huda, kebutuhan air minum di Pondok Pesantren ini kurang lebih sebanyak 20 galon per harinya. "Namun karena keterbatasan, banyak santri yang terpaksa meminum langsung dari air keran," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement