Sabtu 25 Dec 2021 10:15 WIB

Polres Bogor Berlakukan Ganjil Genap dan Pemeriksaan Vaksin di Kawasan Puncak

Polres Bogor membuka gerai vaksin di sejumlah posko protokol kesehatan

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nidia Zuraya
Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor kawasan Puncak, Bogor, pada libur Natal 2021.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor kawasan Puncak, Bogor, pada libur Natal 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pada libur Natal 2021, Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Pada Sabtu (25/12) pagi, arus lalu lintas di Jalur Puncak terpantau ramai lancar.

Pantauan Republika.co.id di Simpang Gadog, arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju jalur Puncak dan sebaliknya ramai lancar. Petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP, BPBD dan Pramuka Kabupaten Bogor berjaga di titik ganjil-genap.

Baca Juga

Terdapat antrean kendaraan yang keluar dari  Exit Gerbang Tol Ciawi, lantaran petugas memeriksa plat nomor kendaraan yang hendak memasuki kawasan Puncak terlebih dahulu.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengatakan arus kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak pada libur Natal kali ini terpantau sedikit menurun dibandingkan tahun lalu. “Untuk puncak kunjungan sendiri kita perkirakan memang pada Jumat (24/12) sore. Untuk pagi ini terpantau arus juga sudah mulai ada peningkatan kembali, namun tidak signifikan,” ujar Dicky ketika ditemui Republika.co.id di Simpang Gadog, Sabtu (25/12).

Dicky mengatakan, sistem ganjil-genap ini diterapkan sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai Jumat (24/12) hingga Ahad (2/1) mendatang. Berdasarkan data yang ada padanya, pada Jumat (24/12) tercatat ada 850 kendaraan yang diperiksa petugas gabungan di titik ganjil-genap.

“Pada 24 Desember kami di data melakukan pemeriksaan terhadap 850 kendaraan dimana 530 (kendaraan) diputarbalik,” paparnya.

Selain menerapkan sistem ganjil-genap, sambung Dicky, pihaknya juga melakukan pemeriksaan vaksin. Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai skrining awal, karena setiap tempat wisata di jalur Puncak saat ini telah menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Jika ada wisatawan yang belum divaksinasi, Dicky mengatakan, Polres Bogor juga membuka gerai vaksin di sejumlah posko protokol kesehatan. Salah satunya di Pos Polisi Simpang Gadog.

“Kami juga mengimbau masyarakat walaupun Bogor kondisinya sudah masuk di PPKM Level 2, agar tidak euforia karena melaksanakan libur natal dan tahun baru kali ini,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement