Jumat 24 Dec 2021 17:28 WIB

Hadiri Hari Jadi HST, Paman Birin Ajak Kenang Jasa Tokoh Pendiri

Paman Birin apresiasi pencapaian pembangunan Kabupaten HST

Gubernur Kalimantan Selatan, Dr (HC) H Sahbirin Noor menghadiri Peringatan Hari Jadi ke 62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Barabai, Jumat (24/12).
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalimantan Selatan, Dr (HC) H Sahbirin Noor menghadiri Peringatan Hari Jadi ke 62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Barabai, Jumat (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, HULU SUNGAI TENGAH -- Gubernur Kalimantan Selatan, Dr (HC) H Sahbirin Noor menghadiri Peringatan Hari Jadi ke 62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Barabai, Jumat (24/12). 

Paman Birin, sapaan akrabnya, mengajak agar menghargai dan mengenang jasa  perjuangan para pendiri dan pemimpin pendahulu pembentukan daerah atau banua ini.

Hari jadi ini mengusung tema, HST Muda, HST Kreatif dan HST Maju. Prosesi peringatan dimulai pengajian ayat suci Alquran, pembacaan doa lalu tarian Batumpang Apam.

Terlihat Paman Birin (sapaan Sahbirin Noor) didampingi Bupati HST Aulia Oktafiandi dilakukan pengukuran tinggi badan dengan kue apam, kue khas daerah setempat.

Batumbang Apam salah satu  tradisi yang masih berkembang di masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan.  Pada dasarnya tradisi ini adalah ungkapan rasa syukur atas kelahiran seorang anak, dengan harapan setelah melakukan tradisi ini sang anak akan cepat bisa berjalan dan tumbuh menjadi anak yang sehat, saleh, serta menjadi anak yang berguna di kemudian hari.

Biasanya, pelaksanaan Tumbang Apam dipimpin oleh seorang Sampang atau pemimpin yang mengetahui mantra-mantranya. 

Ada beberapa hal yang dipersiapkan untuk batumbang, yakni kue apam yang ditusuk pada pelepah kelapa yang daunnya telah diserut hingga menyisahkan lidi. Tinggi pelepah kelapa setinggi dengan orang yang akan batumbang.

Di hadapan warga HST, Paman Birin mengingatkan, agar menghargai dan mengenang jasa  perjuangan para pendahulu terhadap banua ini. Kemudian, dalam menghadapi permasalahan yang ada, hendaknya terus bersikap sabar, dan  bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Paman Birin juga mengungkapkan  penghargaan atas peningkatan capaian pembangunan di Kabupaten HST.

Sementara, Bupati HST, Aulia Oktafianfi dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari jadi ini sebagai penghargaan terhadap pendiri kabupaten yang bekerja keras menjadikan HST sebagai daerah mandiri.

Aulia juga menjabarkan makna tema yang diusung pada peringatan harjad tahun ini. Disampaikan, meski ada ombak ombak atau rintangan yang ditemui, tapi ada juga capaian kemajuan pembangunan. Ombak besar atau rintangan dimaksud adalah pandemi covid 19 dan bencana banjir yang melanda HST.

Bupati mengajak warganya agar kuat menghadapi cobaan yang dihadapi. Terakhir ia mengapresiasi upaya Gubernur Kalsel yang terus mendorong peningkatan capaian vaksinasi di HST hingga mencapai target 70 persen hingga akhir tahun ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement