Jumat 24 Dec 2021 07:47 WIB

Petani Kota Bogor Terima Bantuan Alat-Alat Pertanian

Bantuan alat pertanian ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi para petani

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Petani memanen terong di Kampung Batuhulung, Kelurahan Balumbang Jaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (22/3/2021).  Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengembangkan program petani milenial sebagai bentuk dukungan kepada Kementerian Pertanian dalam upaya melakukan regenerasi petani yang berkelanjutan.
Foto: ARIF FIRMANSYAH/ANTARA
Petani memanen terong di Kampung Batuhulung, Kelurahan Balumbang Jaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (22/3/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengembangkan program petani milenial sebagai bentuk dukungan kepada Kementerian Pertanian dalam upaya melakukan regenerasi petani yang berkelanjutan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Petani Kota Bogor menerima bantuan alat-alat pertanian. Bantuan yang diberikan berupa traktor untuk bertani, cultivator, pompa air, alat penyemprot, alat pengolahan pupuk dan beragam alat pertanian lain.

Bantuan tersebut diberikan oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Endang Setyawati Thohari. Pemberian bantuan tersebut sengaja dilakukannya mengingat saat ini pemerintah tengah menggaungkan kembali potensi pertanian di Tanah Air.

Baca Juga

“Intinya pemberian bantuan ini kami lakukan untuk mendukung para petani di Kota Bogor dalam mengembangkan lahan pertaniannya,” ujarnya, Kamis (23/12).

Dia menyebutkan, ada puluhan alat pertanian yang diberikan untuk para petani di Kota Bogor. Di antaranya, traktor roda dua sebanyak tiga unit, cultivator tujuh unit, pompa air 17 unit, handsprayer 35 buah, unit pengelolaan pupuk organik enam unit dan 15 paket P2L.

Selain memberikan alat-alat pertanian, pihaknya juga memberikan bantuan berupa ribuan hewan ternak bagi kelompok tani di Kota Bogor. Mulai dari sapi, kambing, domba hingga ribuan ekor ayam jenis Ayam Kampung Unggul Balitbangtan.

“Kami juga memberikan hewan ternak berupa sapi 60 ekor untuk tiga kelompok tani, 100 ekor domba untuk empat kelompok tani, dan 2.500 ekor ayam untuk lima kelompok tani. Total bantuan yang kami serahkan senilai Rp 4,5 miliar untuk para petani di Kota Bogor,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana, berterimakasih dengan adanya bantuan ini. Dia berharap, bantuan peralatan pertanian dan bantuan hewan ternak yang diberikan, bisa memberikan dampak positif bagi para petani yang ada di Kota Bogor.

“Semoga bantuan dari ibu ini bisa memudahkan para petani di Kota Bogor dalam mengelola lahan yang digarap. Dan semoga bantuan hewan ternak dan alat pertanian ini bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Kota Bogor,” harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement