Rabu 22 Dec 2021 21:21 WIB

Paman Birin Launching Layanan Teman Bus Banjarbakula

Teman Bus di Kalsel merupakan pelayanan yang selama ini ada di wilayah Banjarbakula

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan sangat apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang memberikan perhatian bagi pelayanan transportasi massal di provinsinya.
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan sangat apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang memberikan perhatian bagi pelayanan transportasi massal di provinsinya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Layanan BRT (Bus Rapid Transit) Teman Bus resmi dilaunching oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Direktur Angkutan Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Suharto, di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Jalan A Yani Km 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Rabu (22/12) pagi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan sangat apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang memberikan perhatian bagi pelayanan transportasi massal di provinsinya. “Saya sangat bersyukur atas sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Mudah-mudahan sinergitas ini akan semakin bertambah, sehingga lebih memberikan apa yang dicita-citakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan," ujarnya.

Baca Juga

Layanan Teman Bus tersebut tahap pertama untuk melayani Koridor 1 Terminal Gambut Barakat Km 17-Simpang Empat Banjarbaru.

Program pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di wilayah perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS) ini merupakan program yang dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub RI agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif.

photo
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan sangat apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang memberikan perhatian bagi pelayanan transportasi massal di provinsinya. - (Pemprov Kalsel)

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, melalui Direktur Lalu Lintas Jalan Suharto mengatakan, kehadiran Teman Bus di Kalsel merupakan suatu pelayanan yang selama ini ada di wilayah Banjarbakula untuk menjadi konsep BTS yang akan merubah suatu peradaban yang ada saat ini.

“Konsep ini diharapkan menjadi suatu perubahan terkait ekosistem yang ada di wilayah Trans Banjarbakula yang selama ini akan menjadikan Trans Banjarbakula menjadi pik board layanan angkutan massal sebagai sarana utama mobilisasi masyarakat di wilayah Banjarbakula,” beber Suharto dalam siaran pers.

Nantinya dikatakan Suharto, akan terlihat perubahan terkait dengan bagaimana kondisi yang ada di pusat kota, selama ini dipadati dengan kendaraan pribadi, akan beralih dengan angkutan umum.

“Konsepnya masih menggunakan pembayaran cash plus, meskipun selama ini menggunakan pembayaran nol rupiah, tidak ada lagi konsepnya transaksi tunai,” tambahnya.

Teman Bus yang termasuk dari program Buy The Service pada Trans Banjarbakula setidaknya ada 75 armada akan melayani empat koridor, koridor 1 yakni Terminal Gambut Barakat Km 17-Simpang Empat Banjarbaru, Koridor 2 Terminal Gambut Barakat Km 1-Taman Siring Km 0 (akan segera hadir), Koridor 3 Terminal Induk Km 6-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (akan segera hadir) dan Koridor 4 Terminal Gambut Barakat Km 17-Simpang Tiga Bentok, Tanah Laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement