Sabtu 18 Dec 2021 13:09 WIB

Universitas BSI Fasilitasi Mahasiswa dengan Pembekalan Uji Profisiensi PCAP

Hasil dari uji profisiensi ini akan menjadi dokumen pendukung sertifikat BNSP

Program studi Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan webinar pembekalan uji profisiensi ‘PCAP – Programming Essentials in Python Netacad’ pada Kamis (9/12) pukul 18.00-21.00 WIB.
Foto: istimewa
Program studi Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan webinar pembekalan uji profisiensi ‘PCAP – Programming Essentials in Python Netacad’ pada Kamis (9/12) pukul 18.00-21.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Program studi Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan webinar pembekalan uji profisiensi ‘PCAP – Programming Essentials in Python Netacad’ pada Kamis (9/12) pukul 18.00-21.00 WIB.

Webinar ini dilaksanakan untuk mempersiapkan seluruh mahasiswa prodi Teknologi Informasi, yang akan mengikuti uji profisiensi Python, agar bisa mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga

Kegiatan yang dipandu oleh Rahayu Ningsih ini, menghadirkan ketua prodi Teknologi Informasi Universitas BSI, Hendra Supendar dan Rian Septian Anwar yang berpengalaman sebagai pengajar di CISCO dan Mikrotik sebagai narasumber.

Hendra, dalam sambutannya, memberikan motivasi kepada para peserta untuk dapat mengikuti pembekalan ini dengan baik dan memperhatikan semua informasi yang disampaikan oleh narasumber.

“Hasil dari uji profisiensi ini akan menjadi dokumen pendukung yang dapat dilampirkan pada saat mahasiswa mengambil sertifikasi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” ujar Hendra, dalam keterangan tertulis Sabtu  (18/12).

Sementara itu, dalam materinya, Rian menyampaikan, setiap peserta akan didampingi oleh instruktur yang memiliki keahlian di pemrograman Python dan akan didampingi sampai dengan uji profisiensi ini selesai.

“Setiap mahasiswa diharapkan bisa bergabung dan berkomunikasi terus dengan para instruktur, jika memiliki kesulitan dalam mengikuti jadwal uji profisiensi yang sudah terjadwal,” tutur Rian.

Ia juga menjelaskan, aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan dalam sertifikasi Python nanti. Menurutnya, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh peserta secara bertahap, untuk masuk ke dalam kelas online materi Python.“Python sendiri adalah bahasa pemrograman yang populer. Pemrograman ini dibuat oleh Guido Van Rossum dan dirilis pada tahun 1991,” jelasnya.

Ia pun memaparkan tips untuk mengerjakan semua latihan dan tes agar mendapatkan nilai bagus. Pada webinar ini pula, Rian langsung mempraktikkan bagaimana cara mendaftar, login ke halaman netacad untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan ujian-ujian yang harus diselesaikan oleh peserta sesuai jadwal yang diberikan. Sehingga akhirnya bisa mengikuti ujian akhir dari uji profisiensi Python ini.

“Semoga  pembekalan ini dapat menjadi panduan bagi mahasiswa/i Universitas BSI dalam mengerjakan modul-modul pembelajaran Python dan dapat menghasilkan nilai yang terbaik bagi peserta uji profisiensi Python,” tandasnya.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement