Jumat 17 Dec 2021 17:42 WIB

Universitas BSI Bekali Mahasiswa Terkait Pentingnya Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi sangat penting selain untuk menghindari keluhan pelanggan,

Program Studi (prodi) Teknik Industri, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses gelar seminar online untuk mahasiswa dengan tema “Pentingnya Menjaga Kualitas Produk”. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (15/12), pukul 09.00-12.00 WIB dipandu oleh Ade Suryanto selaku dosen Universitas BSI.
Foto: istimewa
Program Studi (prodi) Teknik Industri, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses gelar seminar online untuk mahasiswa dengan tema “Pentingnya Menjaga Kualitas Produk”. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (15/12), pukul 09.00-12.00 WIB dipandu oleh Ade Suryanto selaku dosen Universitas BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Program Studi (prodi) Teknik Industri, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses gelar seminar online untuk mahasiswa dengan tema “Pentingnya Menjaga Kualitas Produk”. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (15/12), pukul 09.00-12.00 WIB dipandu oleh Ade Suryanto selaku dosen Universitas BSI. 

Seminar online dari prodi Teknik Industri ini, menghadirkan Eddie Rukminto, ketua umum Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Bekasi.

Baca Juga

Miwan K Hidayat selaku ketua prodi (kaprodi) Teknik Industri Universitas BSI dalam keterangan tertulisnya  mengatakan, salah satu visi dari prodi Teknik Industri Universitas BSI adalah menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang teknik industri untuk mewujudkan kreativitas berwirausaha pada tahun 2033. 

“Karena itu, kualitas produk menjadi sangat penting selain untuk menghindari keluhan pelanggan, juga untuk meningkatkan masyarakat unggul dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang teknik industri,” ujarnya.

Ia menyebutkan dalam misinya, juga terdapat poin, dimana prodi Teknik Industri perlu mengembangkan penelitian di bidang teknik industri sebagai upaya menciptakan karya-karya, demi memberi sumbangsih untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Maka dari itu kualitas produk juga harus diimbangi dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Adanya seminar online ini, semoga bisa mendorong dan menambah pengetahuan para peserta, sehingga akan semakin termotivasi untuk menciptakan produk-produk berkualitas yang tentunya bermanfaat dan berguna di masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Eddie Rukminto sebagai narasumber menjelaskan pentingnya kualitas suatu produk. Sebab, kualitas dalam ISO 8402 dan SNI 19-8402-1991, kualitas merupakan keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan, baik yang dinyatakan secara tegas maupun tersamar.

“Kualitas produk menjadi teramat penting, sebab menjadi alasan keamanan bagi pengguna produk itu sendiri. Selanjutnya, kualitas produk juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan, juga demi membangun reputasi perusahaan di mata pelanggan,” katanya.

Kemudian, katanya, produk berkualitas itu memiliki biaya produksi yang lebih sedikit, hasil investasi (ROI) yang lebih tinggi dan mampu meningkatkan pendapatan atau revenue.

“Sehingga, untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tentu harus memiliki manajemen yang berkualitas pula. Dimana melaksanakan seluruh proses secara benar (efektif dan efisien), sejak awal produk dibuat sampai akhir, dengan senantiasa melakukan perbaikan proses secara berkesinambungan,” katanya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement