Ahad 12 Dec 2021 11:23 WIB

IIBF 2021 Ajang Pencinta Buku Melampiaskan Rindu

Pameran buku IIBF 2021 dilakukan secara hibrida.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ani Nursalikah
IIBF 2021 Ajang Pencinta Buku Melampiaskan Rindu. Pengunjung memilih buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (11/12). Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menggelar IIBF 2021 yang menghadirkan jutaan eksemplar buku dari 30 ribu judul dari penerbit lokal dan internasional hingga Ahad (12/12). Republika/Putra M. Akbar
Foto:

"Apalagi kan hujan dan benar-benar niat ke sini. Jadi ya menarik sih lihat buku langsung, ngerasain lagi (pegang langsung buku)," ungkap Amal.

IIBF 2021 yang seolah dapat menjadi ajang balas dendam para pencinta buku melampiaskan rindu diakui oleh Ketua IIBF 2021 Syahrir Amir. Menurutnya, ajang pameran buku secara luring membuat para pencinta buku dapat kembali merasakan sensasi melihat langsung buku yang hendak dibeli dan sensasi memborong buku.

"Beberapa pencinta buku yang cukup fanatik itu masih belum sah namanya kalau belum memegang bukunya, mencium aroma kertasnya, belum merasakan atmosfernya memborong buku. Itu mereka sampaikan ke kita," ungkap Syahrir yang Republika temui di sela kegiatannya, Sabtu (11/12).

Selain menjual buku-buku, pada IIBF 2021 juga diselenggarakan bermacam-macam talkshow, baik itu di panggung utama maupun yang dilakukan di stand masing-masing peserta pameran. Lewat talkshow langsung, pengunjung dapat kembali bertemu dengan penulis-penulis buku secara langsung. Hal yang menurutnya mempunyai sensasi berbeda dari kegiatan secara daring.

"Ketemu penulisnya secara langusng, lihat lagi, ngobrol langsung. Selama ini ada penerbit menyelenggarakan acara tapi webinar beda. Istilahnya itu touch-nya itu beda," jelas Syahrir.

photo
Pengunjung memilih buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (11/12). Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menggelar IIBF 2021 yang menghadirkan jutaan eksemplar buku dari 30 ribu judul dari penerbit lokal dan internasional hingga Ahad (12/12). Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement